Waduh! Perusahaan Ini Berani Gaji Karyawan Lebih dari Gaji Presiden RI

Ilustrasi

MANAberita.com — PERUSAHAAN teknologi asal Jepang, Nintendo tak tanggung-tanggung dalam memberikan upah untuk karyawannya. Bahkan, rata-rata jumlah per tahunnya bisa menyentuh angka Rp1 miliar, melebihi rata-rata gaji presiden RI tiap tahunnya.

Nintendo telah berdiri sejak tahun 1889. Hingga saat ini, eksistensinya masih unggul sebab mereka terus mengembangkan teknologi sesuai dengan perkembangan zaman.

Mengutip dari Business Insider, perusahaan yang memiliki kantor pusat di Kyoto ini memiliki 2.271 pekerja, dan tahun ini rencananya mereka akan merekrut 81 karyawan baru yang masih fresh graduate atau baru lulus.

Tahukah kamu bahwa rata-rata gaji yang bisa karyawan nintendo tuai setiap tahunnya mencapai US$80.600 atau Rp1,1 miliar. Jika dihitung, setiap bulannya mereka mendapatkan gaji sebesar Rp91 jutaan.

Jumlah itu sangatlah fantastis. Bahkan, merujuk Undang-Undang pasal 2, gaji Presiden RI saja tidak menyentuh angka sedemikian besarnya. Diketahui, gaji pokok tertinggi pejabat negara adalah sebesar Rp5.040.000 per bulan, apabila gaji presiden enam kali lipatnya, berarti gaji pokok Presiden adalah Rp30.240.000.

Jumlah tersebut belum ditambah dengan tunjangan yang didapat yaitu sekitar Rp32.500.000 per bulan. Jadi gaji Presiden di Indonesia per bulannya mencapai Rp62.740.030 dan per tahunnya Rp752 jutaan.

Bukan hanya mengantongi gaji pokok saja lho, para karyawan di sana juga akan mendapatkan tunjangan tambahan seperti transportasi, bonus dua kali dalam satu tahun, dan kenaikan gaji setiap tahunnya. Tak ayal kalau karyawan di sana bisa bertahan bekerja dalam jangka waktu yang lama, yakni 13,5 tahun.

Selain itu, Nintendo juga tidak menerapkan aturan jam kerja selama 8 jam. Karyawan di sana bekerja dalam sistem shift yang mana setiap shiftnya itu kurang dari 8 jam, lebih teparnya 7 jam 45 menit.

Jam kerja dimulai sekitar pukul 08.45 dan ada yang memulai pukul 09.30 pagi. Jam kerja ini berlaku di seluruh kantor Nintendo termasuk di Tokyo. (Dil)

Artikel Asli

News Feed