Video Saat Pesawat Hercules Mendarat Pascagempa Sulawesi Tengah Pada Sabtu Kemarin Ini Undang Reaksi Warganet

Momen saat pesawat Hercules mendarat pada Sabtu (29/9/2018) pasca gempa di Sulawesi Tengah. (Foto: IN/zh)
Momen saat pesawat Hercules mendarat pada Sabtu (29/9/2018) pasca gempa di Sulawesi Tengah. (Foto: IN/zh)

Motifviral.com – Sebuah rekaman video saat pesawat Hercules mendarat di Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie, mengundang reaksi warganet. Salah satu sebabnya karena terekam jelas kondisi landasan pacu yang secara logika biasa, bakal membuat sulit bagi pesawat untuk mendarat.

Bukan itu saja, rekaman video itu juga diambil langsung dari dalam kokpit pesawat Hercules tersebut.

“Video dari kokpit pesawat C-130 Hercules A-1320, saat pertama kali mendarat di Bandara Mutiara SIS AL-Jufrie, Sabtu 29/9/2018 pasca #GempaSulteng,” tulis akun resmi TNI AU seperti dikutip pada Senin (1/10/2018).

Akun resmi TNI AU juga menambahkan, pesawat Hercules yang mendarat itu hanya menggunakan 1800 meter runway yang aman.

“Hanya menggunakan 1800 m runway yang aman, demi bantu saudara-saudara kita, korban gempa dan tsunami di Palu,” tambah akun resmi TNI AU.

Reaksi Warganet

Menyaksikan video itu, warganet segera saja bereaksi. Banyak dari para warganet mengaku kaget sekaligus takjub dengan kondisi serta kemampuan dari pilot yang menerbangkan pesawat Hercules itu.

Berdasarkan catatan yang ada, bandar udara di Sulawesi Tengah ini berada di ketinggian 86 meter (282 ft) di atas permukaan laut. Memiliki dua landas pacu permukaan beraspal dan beton bernomor designasi 15R/33L. Berukuran 2.500 x 45 meter dan 15L/33R berukuran 3.450 x 60 meter.

Akibat gempa dan tsunami yang menerpa Sulawesi Tengah, Bandara SIS Al-Jufrie memang sempat ditutup akibat efeknya yang membuat landasan pacu mengalami keretakan. Tapi kemudian, dengan kerja sama dan kerja keras seluruh pihak, pada Minggu (30/9/2018), sudah kembali beroperasi. Baik untuk penerbangan komersil tapi lebih mengutamakan penerbangan untuk bantuan kepada para warga yang terpapar gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Artikel Asli

News Feed