Video Kerusuhan di Iran

MotifViral
Berita Kocak Unik dan Menggelitik

sumber :http://karodalnet.blogspot.com/2009/06/video-kerusuhan-di-iran.html


Video Kerusuhan Iran – Pendukung Presiden Iran Mahmound Ahmadinejad dan rivalnya Mirshossien Mausavi terlibat bentrok di Iran, bahkan dalam beberapa waktu belakangan dikabarkan, bahwa gelombang kerusuhan tersebut semakin meluas.



Kerusuhan tersebut bermula saat Menteri Dalam Negeri Iran Sadeq Mahsouli mengumukan Ahmadinejad memenangkan pemilihan Presiden pada hari Jumat, 12 Juni 2009 kemarin.

Sekilas tentang kepemimpinan Ahmadinejad banyak dipuji di Indonesia, namun menurut kabar yang beredar ternyata di negaranya Ahmadinejad tidak sepopuler yang sering diberitakan di Indonesia, malah Masyarakat Iran lebih mengenal sosok Mirshossien Mausavi dibandingkan Ahmadinejad.

Ahmadinejad Pemenang Pemilihan Iran

Mahmoud Ahamdinejad diperkirakan akan menjadi pemenang pemilihan presiden di Iran dengan total suara yang diraihnya mencapai 67,07 persen suara, pada Jumat (12/06).

Total suara yang telah dihitung mencapai 47,3 persen dengan jumlah suara 15.251.781, 10.230.478 suara, atau 67,07 persen merupakan suara untuk Ahamdinejad.

Perolehan itu berbanding dengan 4.628.912, atau 30,34 persen suara bagi penantang terdekatnya, mantan perdana menteri Mir Hossein Mousavi, kata Kamran Daneshjoo, ketua komisi pemilihan di kementerian dalam negeri.

Bekas komandan Garda Revolusi Mohsen Rezai berada jauh di tempat ketiga, dengan 259.456 suara, atau 1,7 persen. Mantan ketua parlemen Mehdi Karroubi tetap di tempat keempat dengan 132.935 suara, atau 0,86 persen.

Daneshjoo tidak mengindikasikan dari mana suara-suara tersebut diperoleh, hanya mengatakan bahwa penghitungan itu dari tempat-tempat pemungutan suara di seluruh negara itu.

Secara terpisah, seorang bekas anggota senior Dewan Keamanan Nasional, Agha Mohammadi, mengatakan Ahmadinejad mungkin akan mengakhiri hari itu dengan kemenangan tipis, untuk menghindari perlunya pemilihan putaran kedua.

“Menurut informasi yang kami peroleh partisipasi pemilih akan mencapai 70 persen secara keseluruhan dan Ahmadinejad akan mendapat sedikit lebih dari 50 persen dari seluruh suara,” kata Mohammadi seperti yang dikutip dari kompas.com , Sabtu (13/06).

Presiden itu menang di daerah luar kota, dengan mencatat 33 persen suara, dan di kota-kota kecil dan sedang (34 persen). “Di kota-kota besar dan di Teheran, di beberapa bagian Mousavi menang dan di beberapa bagian Ahmadinejad (yang menang),” ujarnya.

News Feed