Top 3 News: Gempa Palu dan Donggala, Kabar Pilu Pembawa Duka

Liputan6.com, Jakarta – Top 3 news, hingga Selasa sore, 2 Oktober 2018, BNPB mencatat jumlah korban meninggal dunia akibat gempa dan tsunami Palu-Dongga di Sulawesi Tengah mencapai 1.374 jiwa.

Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah, karena diduga masih banyak jenazah yang tertimpa puing bangunan.

Tidak hanya ribuan korban tewas akibat terdampak gempa, warga di tujuh kecamatan di Kabupaten Sigi kini terisolasi. Pasokan logistik berupa makanan dan obat-obatan terhenti karena akses menuju lokasi terputus akibat longsor.

Ucapan duka cita pun hingga kini terus mengalir buat Palu dan Donggala. 

Bagi mereka yang selamat dari kedahsyatan gempa dan tsunami, Jumat, 28 September lalu, kini menjadi saksi betapa mengerikan saat ombak setinggi hampir 3 meter menerjang Palu dan sekitarnya.

Tak hanya sapuan gelombang laut, bumi dipijak pun ikut berguncang hebat. Tanah bergerak  dan mencair dengan cepat. Tak lama, ratusan rumah hilang dan ikut tenggelam bersama lumpur. 

Dampak tsunami Palu tak hanya bikin warga Indonesia shock. Gelombang kejut juga menyebar ke seluruh dunia. Belasan negara pun menawarkan bantuan kepada Indonesia.

Salah satunya datang dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Namun, bantuan Trump ditolak Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Bantuan kapal rumah sakit tidak efisien bagi korban bencana gempa dan tsunami, termasuk di Palu. 

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Selasa, 2 Oktober 2018:

Artikel Asli

News Feed