Tak Cuma Mahal Racunnya, Begini Kreasi Kalajengking yang Tak Disangka-sangka

Perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin canggih mampu menyulap sesuatu yang dianggap tak berguna menjadi mahal dan mewah. Salah satu yang sedang happening dan banyak dibicarakan belakangan ini adalah hewan kalajengking. Presiden Jokowi bahkan pernah menyebut bahwa hewan yang punya sengat ini racunnya bisa laku miliaran rupiah.

Ternyata tak hanya itu, di belahan dunia lain kalajengking bisa dikreasikan menjadi berbagai hal, dari makanan yang lezat sampai rokok. Agar tak hanya membayangkan bagaimana rasanya, simak langsung uraian Boombasti berikut ini.

Racun kalajengking yang super mahal

Fenomena racun ini mungkin sudah diketahui oleh hampir semua orang. Boombastis sendiri pernah mengulas tentang racun hewan yang harganya selangit ini dalam artikel Bukan Hanya Racun Kalajengking, 3 Bisa Binatang Ini Juga Mahalnya Tak Terkira. Saat ini kalajengking menjadi hewan yang diternak untuk diambil racunnya, terlebih di negara maju seperti Amerika Serikat.

Racun kalajengking [Sumber gambar]

Betapa tidak, kalau harga satu litenya bisa mencapai Rp143 Miliar, siapa yang tak tergiur? Harga yang mahal tersebut tentu sesuai dengan khasiatnya. Berdasar pada penelitian dari dua universitas terkemuka, Universitas Maryland dan Universitas Washington, racun hewan ini bisa mengobati penyakit kelas berat seperti kanker, malaria, serta penyakit tulang.

Rokok Kalajengking yang membuat kecanduan

Rokok kalajengking mungkin memang terdengar aneh dan berbahaya, karena sebagian orang merasa takut dengan hewan bercapit ini. Namun, hal ini nyata terjadi di wilayah Pakistan dan Afganistan. Dalam media Oddity Central, mereka pernah mempublikasikan artikel terkait kekhawatiran akan budaya menghisap rokok kalajengking.

Merokok dengan Kalajengking [Sumber gambar]

Dalam hal ini, rokok kalajengking tak ubahnya narkotika yang bisa memberikan efek kecanduan, hilangnya memori dalam jangka pendek, sehingga membuat mereka nge-fly sementara. Rokok kalajengking diminati karena harga yang murahdan mudah didapat, andaipun tak punya uang, sang pecandu akan mencari sendiri di tanah dan balik batu.

Suovenir ekstrem, permen kalajengking di Amerika

Kalau racunnya bisa diburu dengan harga miliaran, tubuh kalajengking juga bisa mendatangkan uang. Di Amerika, souvenir permen kalajengking bisa dengan mudah kamu dapatkan jika ingin membawanya sebagai oleh-oleh. Ide ini pertama kali muncul dari seorang businessman, Larry Peterman.

permen kalajengking [Sumber gambar]

Pabrik permennya yang bernama Hotlix di California ingin mengembangkan ide berupa permen serangga, salah satunya adalah kalajengking. Sebelum dijadikan sebagai camilan dan souvenir, racun yang ada di ekornya dipotong, lalu dipanggang dan dibungkus dengan permen layaknya lollipop. Ada yang berani memakan permen ini kira-kira?

Kalajengking kalengan sebagai pengganti daging

Awalnya memang terlihat menjijikkan, namun serangga kemudian menjadi hewan yang dikonsumsi manusia karena dianggap kaya protein hewani –sama seperti daging. Pada tahun 2013 lalu, ThinkGeek, salah satu portal belanja online menghadirkan berbagai macam serangga kalengan seperti ulat, belalang, jangkrik, kumbang, serta kalajengking untuk dijual.

Kalajengking kaleng [Sumber gambar]

Masalah harga, jauh lebih mahal dari daging karena per kaleng (50 gram) dijual seharga £25 (Rp 465.000). Kalajengking ini dibuat dengan berbagai macam rasa, mulai dari nori hingga bumbu lain yang membuatnya nikmat dan layak konsumsi.

Ya, walaupun kalajengking termasuk hewan yang racunnya mematikan dan berbahaya, fakatanya banyak pakar yang bisa berkreasi dengan binatang satu ini. Di berbagai belahan dunia seperti China, makanan berupa sate, sup, atau kalajengking goreng bukanlah hal yang susah untuk ditemukan kok.

Artikel Asli

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed