Stok BBM, LPG, dan Listrik Aman

Motifviral.com – Kementerian Enegri dan Sumber Daya Manusia (ESDM) membuat Posko Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru) pada Senin, (24/12/2018). Tercatat penyediaan maupun distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM), Liquified Petroleum Gas (LPG), Gas Bumi untuk rumah tangga, dan listrik tidak menemui kendala.

Dari posko juga melaporkan, selama masa Satgas (18 Desember 2018 – 8 Januari 2019), dibandingkan AVG/Rataan Normal terjadi kenaikan konsumsi jenis BBM Pertamax/Akra 92 sebesar 8%, sementara untuk Premium justru turun 10%, , Pertalite turun 10%, Pertamax Turbo turun 12%. Sedangkan jenis BBM Solar turun 29%, Pertamina Dex turun 36% dan Dexlite turun 46%.

Mengantisipasi arus mudik yang masih berlansung, Pemerintah juga telah penyediaan 50 mobil tanki BBM, 16 mobil dispenser, 27 kiosK Pertamax hingga 26 motoris di sepanjang jalur mudik.

Situasi Pasca Tsunami Selat Sunda

Terkait kejadian tsunami di Kab. Pandeglang, Banten dan Kab. Lampung Selatan, Lampung 22 Desember 2018, terdapat 4 Lembaga Penyalur di Lampung dan 6 Lembaga Penyalur di Anyer yang berpotensi terdampak, namun kondisinya aman tidak ada kerusakan. Begitu juga dengan kondisi TBBM Panjang, Tanjung Gerem dan depot LPG juga tidak ada kerusakan serta jalur penyaluran dipastikan aman, seperti yang dilansir dari esdm.go.id.

Hingga saat ini, kondisi daerah Pandeglang hingga pkl 11.00 WIB (25/12), PLN telah berhasil menyalakan 236 gardu dari 248 gardu distribusi yang padam. Sementara 12 gardu lainnya dinyalakan dengan genset PLN. Selain itu upaya perbaikan 50 tiang transmisi juga terus dilakukan dengan mengerahkan 199 personil gabungan yang di datangkan dari Jakarta dan Jawa Barat. Saat ini tambahan 43 genset sudah tiba di posko Tarogong untuk segera didistribusikan ke daerah-daerah yang sulit diakses.

Untuk mempercepat proses mendirikan tiang PLN juga telah mendatangkan 9 mobil crane dari Unit Induk jakarta raya dan Banten. PLN juga mengerahkan 31 pasukan mobil untuk mobilisasi teknis maupun non teknis.

Sementara di Lampung, dari 22 gardu padam, 20 gardu sudah berhasil dinyalakan. Targetnya 2 buah gardu sisanya akan diselesaikan pada hari ini. Pararel PLN juga tengah memperbaiki 12 tiang baik yang roboh maupun patah akibat terjangan tsunami.

Selain itu, Posko juga melaporkan 1 (satu) gunungapi berada pada status AWAS/Level IV (Gunung Sinabung), 2 (dua) gunungapi status SIAGA/Level III, 18 gunungapi Status WASPADA/Level II dan 48 gunungapi Status NORMAL/Level I.

Artikel Asli

News Feed