Stephen Hillenburg : Pencipta Spongebob Squarepants, Meninggal Dunia

Dirilis sejak 01 Mei 1999, Serial kartun besutan Nickelodeon yakni ‘SpongeBob Squarepants’ jadi sesuatu yang menemani masa kanak-kanak kita. Akan tetapi, ada berita duka untuk para pecinta SpongeBob di seluruh dunia. Sebab, peciptana dikabarkan baru saja meninggal dunia.

Yap, Stephen Hillenburg, meninggal dunia pada Senin (26/11) waktu Amerika Serikat. Dirinya, meninggal dalam usia yang belum bisa dikatakan cukup tua, karena masih berusia 57 tahun. Adapun penyebab Hillenburg meninggal karena Amyotrophic Lateral Sclerosis atau ALS.

Dari informasi yang dilansir dari Variety, Hillenburg telah didiagnosis menderita ALS sejak Maret 2017 lalu. Berita meninggalnya sang kapten, disampaikan dalam sebuah pernyataan oleh pihak Nickelodeon.

“Kami sangat sedih dengan berita bahwa Steve Hillenburg telah meninggal dunia setelah pertempuran dengan ALS. Dia adalah seorang teman dan mitra kreatif untuk semua orang di Nickelodeon yang sangat dicintai. Dan hati kami pergi untuk keluarganya. Steve membawa ‘SpongeBob SquarePants’ dengan rasa humor dan kepolosan unik yang telah membawa sukacita bagi generasi anak-anak dan keluarga di mana pun. Karakternya yang benar-benar asli dan dunia Bikini Bottom akan lama berdiri sebagai pengingat nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi yang tak terbatas,” tulis pernyataan Nickelodeon pada Rabu (28/11).

Sumber : https://www.instagram.com/monbritt/

Hingga saat ini, serial ini telah menayangkan hampir 250 episode, yang ditonton oleh anak-anak bahkan orang dewasa. Hillenburg, lahir di Fort Sill, Oklahoma, Amerika Serikat pada 21 Agustus 1961. Dirinya meninggalkan seorang istri bernama Karen Hillenburg, serta seorang anak laki-laki Clay.

Sebelum bergabung dengan Nickelodeon, Ia memulai karir animasi pada tahun 1987. Selanjutnya berhasil menyelesaikan gelar Experimental Animation di California Institute of Arts, Valencia, dan mendapatkan gelar Master of Fine Arts pada tahun 1992. Ia mulai bekerja sebagai sutradara dan penulis di Nickelodoeon pada tahun 1993, hingga akhirnya melahirkan serial ‘SpongeBob Squarepants’.

Selain bentuk serial, Hillenburg juga menulis dan menyutradarai ‘The Spongebob Squarepants Movie’ yang dirilis tahun 2004, dan sekuelnya ‘The Spongebob Movie: Sponge Out of Water’ pada tahun 2015.

Untuk penyakit yang diderita Hillenburg, serupa dengan penyakit yang juga diderita oleh Stephen Hawking sebelum akhirnya ia meninggal. Ini adalah sejenis gangguan pada saraf-saraf motorik atau sel-sel saraf pada otak dan tulang belakang yang mengatur gerakan otot-otot lurik (otot yang digerakkan atas kemauan sendiri). Well, Selamat Jalan Kapten!

Artikel Asli

News Feed