Sering Bermimpi? Artikan yuk…

MotifViral
Berita Kocak Unik dan Menggelitik

sumber :http://www.jawaban.com/news/health/detail.php?id_news=090413160045

– Jawaban –

Jika Anda sering bermimpi buruk seperti saya, tentu Anda akan merasakan betapa kesalnya setiap bangun pagi karena tidur rasanya menjadi tidak menyenangkan sekali. Dalam beberapa menit rasanya ingin menghapus pengalaman tadi malam dan menganggap mimpi itu sebagai sesuatu yang tanpa arti, hanya drama yang terjadi selama tidur.


Tapi tunggu dulu, jika Anda mengalaminya, jangan lakukan hal yang sama seperti saya. Sebuah penelitian menyarankan Anda untuk mendapatkan pengenalan diri lebih dalam dengan mengartikan mimpi yang Anda alami. Para ahli mengatakan bahwa otak kita seringkali mengirimkan sinyal yang dapat menjadi petunjuk untuk menyembuhkan luka emosional, stress dan trauma.


Apa yang muncul dalam mimpi Anda mungkin saja adalah peristiwa yang dilupakan, harapan yang terpendam, ataupun ketakutan yang tak terlihat, sesuatu yang tidak pernah kita sadari di alam sadar.

Menurut Robert Hoss, penulis “Dream Language”, “Menurut penelitian tentang otak yang terbaru, mimpi merupakan bagian dari proses emosi yang sehat.”


Mimpi merupakan alat bantu untuk mengungkapkan emosi yang bisa diterjemahkan dalam kehidupan alam sadar. Bahkan menurut Robert, mimpi buruk pun bisa sangat bermanfaat.


Dengan beberapa trik sederhana ini, Anda bisa mengambil manfaat atas apa yang muncul dalam mimpi Anda.


Bangun dengan lebih santai


Apa yang muncul dalam mimpi Anda, akan terhapus dari ingatan jika Anda bangun dengan buru-buru. Untuk menjaga ingatan akan mimpi Anda, tetaplah berbaring ketika terbangun, tutup mata Anda, konsentrasi untuk mengingat apa yang barusan muncul dalam mimpi Anda. Hal ini disarankan oleh Charles McPhee, kordinator dari National of Mental Health’s bagian laboratorium riset tentang tidur. Apa yang muncul dalam mimpi Anda mungkin memberitahu tentang suatu karakter, tempat, dan pola yang pernah terjadi di masa lalu.


Cara mengartikan mimpi


Jangan langsung mengartikan mimpi Anda begitu saja, menurut seorang psikiater dari Tufts Universitym Ernest Hartmann, MD, dari hasil penelitiannya tentang kejadian 11 Septeber 2001, banyak orang mengalami mimpi yang mengarah ke hal tersebut, “Mimpi itu memunculkan gambar-gambar yang bermakna, – seperti ketakutan terhadap binatang atau sejenisnya – tapi tidak pernah muncul gambaran menara kembar yang tumbang itu,” demikian ungkapnya.


Untuk itu, mimpi yang muncul belum tentu memberi penjelasan yang mudah, untuk itu Anda butuh bantuan professional dalam hal ini, seperti seorang psikolog atau konselor professional.


Hadapi ketakutan Anda.

Orang yang mengalami pengalaman traumatis seringkali hal tersebut muncul dalam mimpi-mimpinya. Tetapi seringkali ketakutan-ketakutan tersebut muncul secara tersirat.


Patrick Andries seorang terapis daro Chicago Healer pernah menangani seorang wanita yang selalu mengalami mimpi buruk. Dalam mimpinya dia selalu di kejar-kejar seorang wanita misterius. Wanita tersebut di beri saran oleh Patrick untuk menghadapi wanita yang mengejarnya saat dia bermimpi lagi. Akhirnya, ketika mimpi itu muncul kembali, wanita itu bertanya, “Siapakah kamu?” dan wanita misterius itu menjawab, “Aku adalah bagian diri kamu yang rendah diri.”


Tempatkan diri Anda dalam mimpi tersebut.


Karena setiap orang unik, penting untuk menemukan emosi spesifik yang muncul dalam situasi di mimpi Anda. Kebanyakan mimpi, Anda akan berperan sebagai karakter utama yang muncul. Untuk itu, tempatkan diri Anda sebagai pemeran utama dalam mimpi itu, dan coba ingat apa yang Anda rasakan.


Coba deskripsikan mimpi Anda


Ketika mendeskripsikan atau menceritakan tentang mimpi Anda, bayangkan Anda menceritakannya pada orang asing. Apa yang akan membuat orang tersebut mengerti dan masuk akal? Bagian mana yang akan menjadi penekanan Anda dan mengapa?


Rencanakan sebuah tindakan


Setelah Anda bisa mendefinisikan apa yang terjadi dan emosi Anda dari apa yang muncul dalam mimpi Anda, putuskan bagaimana Anda akan bereaksi terhadap hal itu nanti. Jika mimpi Anda berakhir tanpa kesimpulan atau bahkan menyedihkan, bayangkan akhir seperti apa yang Anda inginkan. Kemudian tanya diri Anda sendiri ataupun bila mungkin, mentor atau psikolog Anda, apakah hal tersebut akan menjadi sebuah solusi bagi kehidupan nyata Anda.


Sekalipun setiap mimpi itu unik, namun ada beberapa tema umum yang sering muncul, berikut ada tiga di antaranya:


Terbang


Ini seringkali adalah mimpi yang bagus – sebuah tanda bahwa Anda memegang kendali hidup Anda, apa lagi jika Anda berhasil melakukan manufer di udara. Tapi jika Anda sedang dalam sebuah pesawat yang jatuh, mungkin itu sebuah tanda bahwa Anda sedang kehilangan kendali.


Gigi tanggal


Karena gigi adalah pemproses makanan, hal ini diketahui oleh otak kita, kehilangan gigi bisa berarti Anda telah menerima informasi namun Anda belum bisa terima kenyataan tersebut, demikian ungkap Patrick Andries, seorang terapis mimpi.


Gagal ujian sekolah


Mimpi seperti ini sering muncul saat Anda sedang mengalami masa-masa sulit dalam hidup Anda. Tanyakan pada diri Anda, apakan Anda merasa tertantang atau merasa kalah, dan kira-kira apa yang bisa membantu Anda rileks serta siap menghadapi apa yang akan terjadi di depan nanti.


Tidak semua mimpi memiliki arti, namun Tuhan pun bisa berbicara pada kita melalui mimpi-mimpi sebagai pertanda atau juga peringatan sama seperti yang dilakukanNya pada Firaun pada masa Yusuf. Jika Anda merasa mimpi Anda adalah sebuah pertanda atau sesuatu hal lain, mungkin salah satu cara Alkitabiah yang bisa Anda lakukan adalah berdoa dan bertanya pada Tuhan.


View: 2022 times
Sumber: Msn/VM

News Feed