Selain Penentu Arah, Rasi Bintang Juga Penting Untuk Hal-hal Berikut, WAJIB BACA


rasi bintang via infoastronomy.org

Pastinya Anda pernah melihat bintang-bintang di langit kan? Bintang-bintang tersebut membentuk sebuah bentuk dinamakan rasi bintang.


Dan rasi bintang ini banyak manfaatnya bagi kita. Mari kita bahas satu persatu.

Rasi bintang atau konstelasi adalah sekelompok bintang yang tampak berhubungan membentuk suatu konfigurasi khusus. Dalam ruang tiga dimensi, kebanyakan bintang yang kita amati tidak memiliki hubungan satu dengan lainnya, tetapi dapat terlihat seperti berkelompok pada bola langit malam.

Pengelompokan bintang-bintang menjadi rasi bintang sebenarnya cukup acak, dan kebudayaan yang berbeda akan memiliki rasi bintang yang berbeda pula, sekalipun beberapa yang sangat mudah dikenali biasanya seringkali ditemukan, misalnya Orion atau Scorpius.

Apakah rasi bintang berubah? Rasi bintang akan berubah seiring waktu. Setiap gerakan orbit bintang-bintang berbeda satu sama lain, kecepatannya sangat bergantung pada seberapa jauh jaraknya dari pusat galaksi kita. Hal itu pun pada akhirnya menghasilkan perubahan bertahap pada posisinya di langit Bumi.

Perubahan posisi itu dikenal sebaga gerak diri. Sebuah pergerakan bintang yang sangat kecil bila diamati dari Bumi kita karena jarak bintang-bintang ini yang begitu jauh. Gerak diri diukur dalam mili-detik busur per tahun, di mana satu detik busur adalah 1/3600 derajat, dan berarti mili-detik busur merupakan seperseribu dari angka itu.

Dengan kata lain, perubahan posisi bintang di langit karena gerak diri bintang tersebut akan membutuhkan waktu ribuan tahun untuk bisa kita lihat, bukan semalam atau dua malam saja.

Baca Juga : Fakta Dibalik Gerhana Bulan yang Disangka Sangat Berbahaya dan Mistis, Ternyata Begini

Bagaimana cara melihat rasi bintang? Bergantung pada lokasi dan waktu di mana Anda sekarang berada, bintang-bintang yang diamati juga berbeda. Di zaman serba modern ini, Anda dapat menggunakan aplikasi peta bintang untuk menemukan rasi bintang. Ada banyak aplikasi yang bisa dicoba, seperti aplikasi Starry Night, Stellarium, atau Google Sky Map, yang mana ketiganya dapat memungkinkan Anda berlatih mengetahui bentuk dan letak rasi bintang.

Selain itu, Anda bisa melihat rasi bintang dengan cara mencocokkan apa yang ada di aplikasi dengan yang ada di langit. Pergilah menjauh dari kota untuk mendapatkan langit yang gelap, siapkan binokuler atau teleskop sehingga Anda bisa melihat bintang redup ataupun benda langit lain yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

Rasi Bintang Menurut Islam

ilustrasi quran via cahayaislam.id

Al-Qur’an menyebutkan kata “al-buruuj” sebagai “rasi bintang” sebanyak tiga kali termasuk ayat sumpah di atas, ayat-ayat lain seperti firman Allah:

وَلَقَدْ جَعَلْنَا فِي السَّمَاءِ بُرُوجًا وَزَيَّنَّاهَا لِلنَّاظِرِينَ (١٦

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan rasi bintang-bintang dilangit dan Kami telah menghiasi langit itu bagi orang-orang yang memandang(nya)” (QS: 15: 16)

تَبَارَكَ الَّذِي جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوجًا وَجَعَلَ فِيهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيرًا (٦١

Artinya: “Maha Suci Allah yang menjadikan di langit rasi-rasi bintang dan Dia menjadikan juga padanya matahari yang bersinar dan bulan yang bercahaya” (QS: 25: 61).

Sebagaimana terdapat kata “al-buruuj” berarti “benteng” disebutkan sekali dalam al-Qur’an, seperti firman Allah:

أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكُكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ

Artinya: “Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh” (QS: 4: 78).

Terdapat pula kata kerja “tabarraja”, kata benda “tabarrujun” dan kata sifat “mutabarrijaatun” dalam perintah larangan menebar pesona dan menampakkan perhiasan bagi perempuan, seperti pada firman Allah SWT:

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الأولَى

Artinya: “Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu” (QS: 33: 33).

فَلَيْسَ عَلَيْهِنَّ جُنَاحٌ أَنْ يَضَعْنَ ثِيَابَهُنَّ غَيْرَ مُتَبَرِّجَاتٍ بِزِينَةٍ

Artinya: “tiadalah atas mereka dosa menanggalkan pakaian mereka dengan tidak menampakkan perhiasan” (QS: 24: 60)

Adapun pendapat-pendapat ahli tafsir dunia tentang ayat Sumpah: “was-samaai zaatil buruj” (demi langit yang mempunyai gugusan (rasi) bintang), salah satunya:

Ibnu Katsir, berkomentar: “Sesungguhnya Allah bersumpah demi langit dan rasi-rasi bintang, yaitu bintang-bintang yang perkasa”, dia merujuk pendapat Ibnu Abbas bahwa: (البروج) “al-buruj” yaitu bintang-bintang, pendapat Yahya bin Rafi’: (البروج) “al-buruuj” ialah menara di langit, pendapat al-Minhal bin Amar: adalah ciptaan yang indah dan menurut Jarir: adalah orbit-orbit matahari dan bulan yang terdapat 12 orbit (menara), yang dilewati matahari setiap orbit sekali sebulan dan bulan melewati setiap orbit tersebut sekali dalam 2 + sepertiga malam, maka jumlahnya adalah 28 orbit dan tertutupi dua malam.

Apa saja nama rasi bintang?

ilustrasi nama rasi bintang via planetarium.jakarta.go.id

Pada sidang umumnya yang pertama tahun 1922, Persatuan Astronomi Internasional (International Astronomical Union) atau yang disingkat IAU secara resmi mengadopsi daftar modern 88 rasi. Berikut nama-nama ke-88 Rasi Bintang itu serta artinya dalam bahasa Indonesia:

1. Andromeda (Putri Andomeda)
2. Antlia (Pompa Air)
3. Apus (Cendrawasih)
4. Aquarius (Pembawa Air)
5. Aquila (Elang)
6. Ara (Altar)
7. Aries (Domba Jantan)
8. Auriga (Sais Kereta Perang)
9. Bootes (Pengembala)
10. Caelum (Pahat)
11. Camelopardalis (Jerapah)
12. Cancer (Ketam)
13. Canes Venatici (Anjing-anjing Pemburu)
14. Canis Major (Anjing Besar)
15. Canis Minor (Anjing Kecil)
16. Capricornus (Kambing Laut)
17. Carina (Lunas Kapal Argo)
18. Cassiopeia (Ratu Ethiopia)
19. Centaurus (Centaur)
20. Cepheus (Raja Ethiopia)
21. Cetus (Ikan Paus)
22. Chamaeleon (Bunglon)
23. Circinus (Kompas)
24. Columba (Merpati)
25. Coma Berenices (Rambut Berenice)
26. Corona Australis (Mahkota Selatan; Yunani Kuno – Ptolemaeus)
27. Corona Borealis (Mahkota Utara)
28. Corvus (Burung Gagak)
29. Crater (Cangkir)
30.Crux (Salib Selatan)
31. Cygnus (Angsa)
32. Delphinus (Lumba-lumba)
33. Dorado (Ikan Todak)
34. Draco (Naga)
35. Equuleus (Kuda kecil)
36. Eridanus (Sungai)
37. Fornax (Tungku)
38. Gemini (Kembar)
39. Grus (Burung bangau)
40. Hercules (Hercules, anak Zeus)
41. Horologium (Jam)
42. Hydra (Naga laut)
43. Hydrus (Ular air)
44. Indus (Indian)
45. Lacerta (Kadal)
46. Leo (Singa)
47. Leo minor (Singa kecil)
48. Lepus (Kelinci)
49. Libra (Timbangan)
50. Lupus (Serigala)
51. Lynx ( Lynx)
52. Lyra (Harpa)
53. Mensa ( Meja)
54. Microscopium (Mikroskop)
55. Monoceros (Kuda Bertanduk)
56. Musca (Lalat)
57. Norma (Timabangan Datar)
58. Octans (Oktan)
59. Ophiucus (Tangan Naga)
60. Orion (Pemburu)
61. Pavo (Merak)
62. Pegasus (Kuda bersayap)
63. Perseus (Perseus)
64. Phoenix (Phoenix)
65. Pictor (Kuda-kuda)
66. Pisces (Ikan)
67. Piscis Austrinus (Ikan Selatan)
68. Puppis (Buritan kapal Argo)
69. Pyxis (Kompas kapal Argo)
70. Reticulum (Jaring)
71. Sagitta (Anak Panah)
72. Sagittarius (Pemanah)
73. Scorpius (Kalajengking)
74. Sculptor (Alat Pemahat)
75. Scutum (Perisai)
76. Serpens (Ular)
77. Sextans (Sekstan)
78. Taurus (Lembu Jantan)
79. Telescopium (Teleskop)
80. Triangulum (Segitiga)
81. Triangulum Australe (Segitiga Selatan)
82. Tucana (Burung tukan)
83. Ursa Major (Beruang Besar)
84. Ursa Minor (Beruang Kecil)
85. Vela (Layar Kapal Argo)
86. Virgo (Sang Perawan)
87. Volans (Ikan Terbang)
88. Vulpecula (Rubah)

Apa kegunaan rasi bintang bagi manusia?

ilustrasi kegunaan rasi bintang bagi manusia via infoastronomy.org

Ternyata banyak sekali manfaat rasi bintang dalam kehidupan manusia. Apa kegunaan rasi bintang bagi manusia? Kita dapat menggunakannya dalam berbagai bidang. Untuk itu, yuk simak manfaat rasi bintang seperti di bawah ini:

1. Petunjuk Arah Utara
Arah utara ditandai dengan adanya rasi bintang Ursa Major. Rasi bintang yang dikenal sebagai rasi bintang biduk atau beruang besar ini terdiri dari 7 (tujuh) bintang dan muncul sepanjang tahun di langit sebelah utara. Oleh karena itulah rasi bintang ini dijadikan sebagai petunjuk arah utara yang mana untuk mengenalinya sangat mudah karena terdapat salah satu bintang paling terang di ujung kontelasinya.

2. Petunjuk Arah Barat
Ketika melihat ke arah barat kita akan menjumpai rasi bintang Orion. Oleh sebab itu, rasi bintang ini dapat digunakan sebagai petunjuk arah barat.  Di Indonesia, rasi bintang Orion dikenal sebagai rasi bintang Pemburu atau Waluku. Rasi bintang Orion terdiri dari 3 (tiga) bintang kembar sejajar yang membentuk sabuk Orion dan disebut dengan Orion Belt.

3. Petunjuk Arah Selatan
Rasi bintang Crux berbentuk menyerupai ikan pari atau layang-layang. Rasi bintang ini akan tampak ketika kita melihat arah selatan. Karena bentuk dan arahnya, rasi bintang Crux disebut juga sebagai rasi bintang Salib Selatan. Dengan demikian, rasi bintang ini dapat dijadikan petunjuk arah selatan.

4. Petunjuk Arah Tenggara
Rasi bintang Scorpion/Scorpius dapat menunjukkan arah tenggara. Rasi bintang yang menyeruapi kalajengking ini agak sulit dicari karena konstelasinya yang banyak dan cukup rumit. Meskipun demikian, karena letaknya yang selalu berada di tenggara maka gugusan bintang ini dijadikan petunjuk arah tenggara.

5. Penentu Musim
Di musim berbeda, rasi bintang yang muncul di langit juga berbeda. Dengan demikian, rasi bintang dapat digunakan sebagai penentu musim.  Datangnya musim dingin ditandai dengan munculnya rasi bintang Orion. Dan datangnya musim panas atau musim semi ditandai dengan munculnya rasi bintang Segitiga Musim Panas atau Summer Triangle di langit. Di musim yang tidak menentu seperti sekarang ini akan sangat sulit sekali menggunakan kalender sebagai penentu datangnya musim. Membaca rasi bintang dapat membantu kita mengenali musim tanpa memperhatikan kalender.

6. Sebagai Kalender
Dahulu kala sebelum adanya kalender yang beredar seperti di pasaran atau kalender yang ada di smartphone masing-masing, manusia menggunakan rasi bintang sebagai kalender. Hal ini dikarenakan rasi bintang yang muncul di langit akan berbeda di setiap bulannya.

7. Membantu Pertanian
Mengapa rasi bintang dapat membantu di bidang pertanian? Nenek moyang kita dulunya membaca rasi bintang untuk menentukan kapan ia akan menabur benih dan kapan saatnya panen harus dilakukan. Gugusan bintang membentuk suatu pola khusus yang mudah diingat. Selain itu, kemunculan rasi bintang tertentu di musim yang berbeda membuat para petani dapat merencanakan pertaniannya dengan lebih baik. Namun seiring berkembangnya jaman, para petani sudah meninggalkan tradisi ini. Mereka lebih memilih menggunakan kalender sebagai teman untuk merencanakan pertaniannya. Namun, untuk musim yang tidak menentu seperti sekarang ini masih bisakah para petani menggunakan kalender.

8. Membantu Para Astronom
Di era modern ini, rasi bintang sangat membantu para astronom untuk menentukan nama-nama bintang. Hal ini dikarenakan bintang-bintang diberi nama sesuai dengan letaknya di rasi bintang dimana ia berada. Misalnya saja seorang astronom sedang meneliti bintang yang bernama Alpha Tau, maka astronom lainnya dapat dengan mudah mengetahui bahwa yang dimaksud adalah bintang paling terang di gugusan bintang Taurus. Karena sangat tidak mungkin jika dengan menyebutkan koordinat suatu bintang, astronom lain akan segera mengetahui dimana letak bintang tersebut.

9. Navigasi Kapal
Baik di jaman dahulu maupun sekarang, seorang kapten kapal harus bisa menggunakan rasi bintang sebagai navigasi untuk kapalnya. Pada jaman dahulu membaca rasi bintang untuk navigasi di laut memang sangat dibutuhkan karena belum adanya navigasi secanggih seperti sekarang.  Lalu mengapa di era modern kapten kapal juga harus mengenal rasi bintang? Hal ini dibutuhkan jika alat navigasi kapal sedang rusak maka sang kapten masih bisa menggunakan navigasi yang dimiliki alam salah satunya adalah rasi bintang untuk di malam hari. Adapun untuk siang hari bisa memanfaatkan matahari.

10. Penolong bagi Para Pendaki Gunung
Seorang pendaki gunung diwajibkan mampu membaca tanda-tanda alam salah satunya rasi bintang. Hal ini dibutuhkan agar mereka tidak tersesat ketika berada di tengah hutan maupun dipuncak gunung, sehingga mereka dapat mencapai tujuan pendakian dan pulang dengan selamat. Oleh karena itulah rasi bintang dapat dianggap sebagai salah satu penolong bagi para pendaki gunung.

Baca Juga : Fakta Nyata Burung Merpati Bisa Mengirim Surat, Aksinya Membuat Heran Banyak Orang

Nah, itulah informasi tentang rasi bintang menurut Islam dan kegunaannya yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Kurang lebihnya mohon maaf.

Artikel Asli

News Feed