Sampai Jual Ratusan Mobil Pemerintah, Beginilah Beberapa Cara Tak Biasa Pakistan Lunasi Utang Negara

Memang, masalah hutang menumpuk dan kesejahteraan yang tak rata selalu jadi satu hal yang pelik dialami semua negara. Tidak hanya negara miskin dan berkembang saja, bahkan sekelas Amerika dan Jepang pun juga merasakannya. Oleh sebab itu berbagai usaha dilakukan, bahkan mengeluarkan kebijakan tak bisa.

Seperti yang dilakukan oleh pemerintah Pakistan di mana mereka bahkan sampai menjual aset negara penting ke rakyat. Bayangkan saja mulai dari mobil mewah hingga helikopter pun terpaksa digadai demi bisa mencicil utang. Lalu kenapa sampai seperti itu, berikut ulasannya.

Adanya ratusan mobil yang dilelang pemerintah

Beberapa waktu yang lalu sepertinya Pakistan sempat membuat heboh dunia dengan salah satu kebijakannya. Bagaimana tidak pasalnya negara yang mayoritas penduduknya muslim ini melelang ratusan mobil mewah agar ada yang membelinya. Mobil-mobil yang dijual pun bukan sembarangan pasalnya banyak yang masuk dalam kategori barang mewah.

Mobil pemerintah dilelang [sumber gambar]

Bayangkan saja mulai dari Mercedes Maybach S-600 hingga Land Cruiser anti peluru yang merupakan bekas Perdana menteri sebelumnya atau pejabat tinggi lainnya. Hasilnya, dari ratusan mobil yang dilelang waktu itu hanya ada 62 unit yang berhasil diborong oleh pembeli. Akhirnya sisa dari mobil yang belum laku kembali pada negara untuk dijual dilelang berikutnya.

Tak hanya mobil, bahkan barang tak terduga pun dijual pemerintah sana

Tidak selesai dengan menjual mobil-mobil mewah milik negara, ternyata juga ada benda mahal lain yang dijual di sana. Usut punya usut, benda yang bikin banyak orang melongo itu adalah delapan ekor kerbau yang siap untuk dibawa pulang.

Ternak milik pemerintah [sumber gambar]

Eits jangan salah sangka dulu, ternyata kerbau ini memang bukan seperti yang lainnya pasalnya bekas milik  PM Nawaz Sharif (Perdana menteri sebelumnya) untuk digunakan sebagai persyaratan Gastronominya. Tentu lantaran bekas milik orang penting dan dari jenis yang terbaik maka harga yang bakal ditawarkan pun pastinya jauh dari yang biasa.

Bahkan kendaraan udara pun sampai dijual

Satu lagi yang bikin banyak orang tertarik adalah rencana dari Perdana menteri Pakistan Imran Khan yang berencana menjual kendaraan udara. Ya, empat unit helikopter milik pemerintah rupanya jadi barang yang paling dinanti-nanti ketimbang yang lain.

Helikopter Pakistan [sumber gambar]

Namun kendaraan itu sendiri rencananya akan dilakukan pelelangan akhir bulan ini. Entah karena apa masyarakat tertarik dengan helikopter itu yang jelas sudah banyak yang ingin segara memiliki kendaraan tersebut. Dari lelang yang sempat dilakukan itu ternyata pemerintah mendapatkan sekitar 8 Miliar, jauh lebih rendah dari yang diperkirakan sekitar  Rp 238 Miliar. Ya memang banyak kendaraan dan barang yang lainnya yang tidak laku.

Semua dilakukan untuk memenuhi kas dan menutup hutang

Meskipun bisa dipandang sebagai salah satu kebijakan yang tak biasa, namun ada alasan lain pemerintah Pakistan melakukannya. Usut punya usut, semua dilakukan untuk mengisi kas negara yang dianggap menurun jumlahnya. Belum lagi negara ini juga sedang menanggung hutang yang lumayan parah sehingga butuh lebih banyak uang untuk menyelesaikannya.

PM Pakistan [sumber gambar]

Tahun lalu, rasio hutang Pakistan dengan PDB yang ada adalah 27.4%. Dan diperkirakan akan terus naik karena masih belum menemukan solusinya. Kemungkinan itu bukan tanpa alasan, pasalnya kalau dilihat setiap tahunnya rasio hutang Pakistan terus naik tanpa ada penurunan sama sekali.

Mekipun dibilang jadi kebijakan sangat nyeleneh, namun kembali lagi kalau semua dilakukan demi negara pula. Apalagi melihat keadaan kas serta utang yang dimiliki membuat mereka harus berpikir super ekstra. Semoga saja Indonesia dalam mengambil langkah yang bijaksana agar kejadian tersebut tidak terjadi di Indonesia

Artikel Asli

News Feed