Ribuan E-KTP Dibuat Mainan Anak-anak, 5 Fakta Temuan KTP Elektronik yang Dibuang Didalam Karung, WAJIB BACA


Sumber gambar tribunnews.com


Ada ribuan e-KTP didalam karung yang dibuang di areal persawahan.


Mungkin ini yang menjadi penyebab kenapa KTP elektronik anda tidak pernah selesai dibuat, setidaknya ada 5 fakta yang terungkap mengenai kasus ini.

Ditemukan sebuah karung berisi ribuan Kartu Tanda Penduduk Elektronik, ribuan e-KTP tesebut diketahui milik warga kelurahan Pondok Kelapa, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

“Ada ribuan e-KTP aktif. Saya ngitungin aja udah capek, pada bosen. Ribuan itu, jelas di atas seribu lah,” ujar Ketua RW 11 Kelurahan Pondok Kopi, Ipit.

Penemuan ribuan e-KTP tersebut diketahui setelah adanya laporan ada anak-anak yang memainkan e-KTP di areal persawahan, saat didatangi benar saja Ipit menemukan adanya ribuan e-KTP didalam sebuah karung berwarna putih.

E-KTP telah diserahkan ke Polsek Duren Sawit. “Sudah dibawa semua ke Polsek Duren Sawit,” ujar Ipit, seperti yang dikutip dari kompas.com.

Dari penyelidikan kasus ini setidaknya ada beberapa fakta mengenai temuan e-KTP yang di buang di areal perasawahan.

1. Ditemukan dalam karung Ketua RW 011 Kelurahan Pondok Kopi, Ipit mengatakan, ribuan e-KTP ditemukan dalam sebuah karung putih yang dibuang di area persawahan.

2. Jadi mainan anak-anak, Sekarung e-KTP milik warga Kelurahan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, itu dijadikan mainan oleh anak-anak setempat.

Saat ditemukan E-KTP sudah berceceran. Ada yang di dalam selokan, di area sawah, ada juga yang masih tersusun rapi di dalam karung berwarna putih. “Ini masih anak-anak ini, belum ada orang dewasa. Mereka mainin, dilempar-lemparin,” ujar Ipit.

3. Tak ada yang lihat pembuang, Warga RT 003 RW 011, Kelurahan Pondok Kopi, Dendi mengatakan tidak melihat orang mencurigakan yang berlalu lalang di kawasan tersebut. Wilayah itu memang kerap sepi sekitar pukul 11.00.

Baca juga:

  1.  Viral, Kosmetik Oplosan yang Endorse 6 Artis Indonesia Salah Satunya Via Vallen
  2. Pengakuan Korban Selamat Pembantaian Pekerja di Papua “Pura-pura Mati Saat Ditembaki”

Dandi biasa menjaga warungnya yang berjarak 10 meter dari ditemukannya sekarung KTP tersebut. “Ini warung saya di sini. Enggak ngeliat apa-apa. Tapi kalau pukul 10.00 sepi, ibu-ibu di dalam. Enggak ada yang aneh-aneh sih,” ujar Dandi

4. Cetakan lama, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta Dhany Sukma mengatakan, sekarung e-KTP yang ditemukan di Kelurahan Pondok Kopi merupakan e-KTP cetakan lama. E-KTP tersebut merupakan cetakan 2011-2013. Dhany mengaku belum mengetahui apakah ribuan e-KTP itu masih aktif atau tidak.

5. Lurah Pondok Kelapa Bungkam, Lurah Pondok Kelapa Siska Leonita mengaku belum mengetahui apakah sekarung KTP elektronik (e-KTP) milik warga Kelurahan Pondok Kelapa yang ditemukan di Pondok Kopi pernah disimpan oleh pihak kelurahan.

Siska juga bungkam ketika ditanyakan apakah pihak kelurahan memiliki data atau pernah melakukan pencatatan seluruh e-KTP yang diterima dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta.


“Mohon maaf, saya belum bisa memberikan penjelasan karena dalam penyelidikan polisi dan Dukcapil,” ujar Siska.

Artikel Asli

News Feed