Rekaman Detik-Detik Jembatan Kuning di Palu Roboh Akibat Gempa

Liputan6.com, Palu – Jembatan Kuning IV atau Jembatan Ponulele di Kota Palu, Sulawesi Tengah, roboh akibat dampak gempa. Detik-detik robohnya jembatan yang menjadi ikon Kota Palu terekam warga.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (29/9/2018), jembatan yang merupakan kebangaan warga Palu roboh akibat dengan magnitudo 7,4 skala Richter (SR), Jumat kemarin.

Pasca-gempa di Sualwesi Tengah dengan magnitudo 7,4 SR, beredar video dari warga di media sosial, jika jembatan termegah di Palu, Sulawesi Tengah, Jembatan Kuning IV atau Jembatan Ponulele ambruk.

Selain itu, rekaman video amatir memperlihatkan amuk gelombang laut menerjang daratan. Jembatan ini membentang di atas Teluk Talise menghubungkan Kecamatan Palu Timur dan Palu Barat.

Nama Jembatan Palu IV atau Jembatan Ponulele diambil dari sosok mantan Gubernur Sulawesi Tengah Aminudin Ponulele.

Sejak diresmikan 12 tahun lalu (2006) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jembatan Kuning menjadi kebanggaan masyarakat setempat. Karena menjadi jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah Jepang dan Perancis.

Kemegahan jembatan sepanjang 250 meter pun kian lengkap dengan pegunungan Gawalise di sisi barat dan lembah di sebelah selatan, membuat kawasan Teluk Palu semakin indah. (Muhammad Gustirha Yunas)

Artikel Asli

News Feed