Psoriasis, si Misterius yang Kerap Diabaikan

MotifViral
Berita Kocak Unik dan Menggelitik

sumber :http://www.rileks.com/lifestyle/31102006130263-psoriasis-si-misterius-yang-kerap-diabaikan.html

http://www.psoriasisconnect.com/explained/images_explained/exfoliative_psoriasis.jpg

Belum lama ini sebuah seminar ‘media edukasi’ rampung diselenggarakan. Acara tersebut mengangkat tema “Kualitas dan Harapan Hidup Penderita Psoriasis dapat ditingkatkan dengan terapi Dini dan Tepat”. Acara yang dihadiri oleh berbagai media cetak dan online itu, berlangsung alot dengan pembahasan menyeluruh mengenai psoriasis.

http://content.revolutionhealth.com/contentimages/images-image_popup-arth7_psoriasis.jpg

Sebetulnya, apakah psoriasis itu? Menurut Prof. Dr. dr. Benny Effendi Wiryadi,Sp.KK(K) psoriasis merupakan suatu penyakit peradangan kronis (autoimun) pada kulit dimana penderitanya mengalami proses pergantian kulit yang terlalu cepat.

http://www.interhomeopathy.org/images/gallery/IH300-psoriasis_plaque.jpg

Benny memaparkan, Kemunculan penyakit ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama yang dapat timbul atau menghilang, penyakit ini secara klinis sifatnya tidak mengancam jiwa, tidak menular tetapi karena timbulnya dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja sehingga dapat menurunkan kualitas hidup seseorang bila tidak dirawat dengan baik.

penyakit psoriasis kadang masih kesulitan untuk didiagnosis lantaran gejala luarnya hampir sama dengan eksim kulit tampak meradang dan terkena iritasi.”Karena kemiripannya, pada awalnya penderita sering mengabaikan gejala yang timbul,” saat ditemui pada Seminar Psoriasis,di Hotel Sahid Jaya, Jumat (03/05).

http://www.psorialess.com/images/psoriasis%20on%20stomach%20area.jpg


Keunikan lain dari psoriasis adalah tidak ada gejala yang sama persis untuk tiap pasien. “Misalnya, gatal di kulit, belum tentu semua penderita psoriasis mengalaminya,”

Secara umum karakteristik psoriasis bisa diidentifikasi sebagai berikut. Pada kulit penderita awalnya tampak seperti bintik merah yang makin melebar. Kondisi ini diikuti dengan tumbuhnya sisik lebar putih berlapis sehingga tampak menebal. Lokasi timbulnya sisik ini tidak selalu di seluruh tubuh melainkan di bagian tertentu. Misalnya, pada siku, lutut, kulit kepala, dan kuku.

http://www.aafp.org/afp/20000201/725_f1.jpg


Karena sifatnya yang residif (hilang-timbul), maka kulit penderita prosiasis bisa segera membaik seperti kulit normal lainnya. Hal ini biasanya terjadi setelah warna kulit yang tadinya kemerahan berubah putih atau kehitaman.

Mengapa demikian? Penderita psoriasis mengalami proses pergantian kulit yang sangat cepat. Jika normalnya pergantian kulit pada manusia berlangsung selama 21-28 hari, pada penderita psoriasis bisa terjadi hanya dalam 2-4 hari.

http://z.about.com/d/dermatology/1/0/u/6/psoriasis04.jpg

Psoriasis tidak menular. Walaupun belum ditemukan secara pasti penyebab psoriasis, namun psoriasis digolongkan sebagai suatu penyakit autoimun, artinya suatu penyakit dimana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel tubuh sendiri.

Terdapat 5 jenis psoriasis utama yaitu:
a. Psoriasis vulgaris (tipe plak kronis)
b. Psoriasis gutata (eruptiva)
c. Eritoderma psoriatika
d. Psoriasis pustulosa (lokalisasi & generalisata)
e. Artritis psoriatika

http://www.nu-life.co.uk/images/Psoriasis.jpg

sejauh ini para dokter yang meneliti, berpendapat penyakit kronis tersebut bersifat genetis. “Jadi bisa diturunkan. Kalau satu orang di keluarga terkena, kemungkinan keturunannya 15% bisa terkena juga,” papar Benny seraya menegaskan psoriasis sama sekali tidak menular.

http://www.rozakanina.bizland.com/Psoriasis%20vulgaris.jpg

Kendati demikian, ada sejumlah pemicu yang diperkirakan dapat menimbulkan psoriasis. Di antaranya, trauma garukan/gesekan dan tekanan yang berulang-ulang, emosi tidak terkendali, gangguan metabolisme, merokok, makanan berkalori sangat tinggi dan mengandung alkohol, serta obat oral tertentu misalnya obat antihipertensi dan antibiotik.

http://www.fda.gov/fdac/graphics/2004graphics/psoriasisinfog.jpg

Pada beberapa kasus, penderita psoriasis bisa mengalami komplikasi serius. Misalnya, psoriasis arthritis (menyerang persendian), psoriasis postula (bernanah), serta psoriasis eritoderma (kulit penderita kehilangan fungsi perlindungan, sehingga penderita mudah terkena infeksi dan dapat mengakibatkan kematian).

Hingga saat ini, psoriasis belum bisa disembuhkan. Pengobatan yang ada hanya bersifat menekan gejala yang muncul, memperbaiki keadaan kulit, dan mengurangi rasa gatal.(yon)

News Feed