“PSI Sangat Tidak Sudi, ‘HARAM’ Koalisi dengan PKS”, Ini Komentar PKS & Warganet

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan tegas mengharamkan partainya untuk berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Beberapa alasan pun dilontarkan oleh Ketua DPP PSI, Tsamara Amany.

“Ya tentu kalau dengan PKS jelas kita punya platform yang sangat berbeda ideologi yang berbeda kami tidak bisa menerima upaya untuk mengeksklusifkan Indonesia tidak seperti dengan PKS,” kata Tsamara kepada wartawan di sela-sela safari politiknya di Purworejo, Selasa (9/4/2019).

“Kami tidak bisa menerima upaya-upaya sempit dari PKS seperti dalam memahami menghapus rancangan undang-undang kekerasan seksual misalnya, itu adalah hal-hal yang sangat bertentangan dengan prinsip dan perjuangan PSI, wajar kalau sekjen kami menyatakan bahwa kami tidak akan berkoalisi dengan PKS,” lanjutnya.

Sebelumnya, Sekjen PSI, Raja Juli Antoni, menyebut haram hukumnya bagi PSI untuk berkoalisi dengan PKS.

“Sebagai partai nasionalis ideologis, PSI tidak akan berkoalisi dengan PKS di seluruh pilkada gubernur, bupati, dan wali kota di seluruh Indonesia. Haram bagi PSI berkoalisi dengan PKS,” kata Toni, sapaan Raja Juli Antoni.

(mbr/mbr)

Sekjen PSI Raja Juli Antoni mengharamkan partainya berkoalisi dengan PKS. PKS menanggapi santai sikap PSI itu.

“Kita hargai pendapat semua pihak,” ujar Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Selasa (9/4/2019). 

Mardani mengatakan PKS selalu mencintai negeri. Mereka juga tidak akan berprasangka buruk kepada semua partai politik di RI.

“Dan PKS akan terus mencintai negeri ini, termasuk berprasangka baik dengan semua parpol bahwa dibentuk semata untuk membangun bangsa. Dan bangsa ini perlu selalu berkomunikasi dengan bahasa konstruktif, bukannya dengan bahasa ancaman, apalagi negatif,” sebut Mardani.

Ditanyai soal peluang berkoalisi dengan PSI ke depannya, Mardani menegaskan PKS hanya mau berkoalisi dengan partai yang mencintai negeri ini. Dia menyebut PSI sebagai partai baru dengan semangat baru.

“PKS pada prinsipnya siap berkoalisi dengan partai yang punya kecintaan pada negeri ini. PSI partai baru yang vokal dan punya semangat baru. Negeri ini perlu semua elemen kebaikan,” sebut Mardani.

Sebelumnya diberitakan, PSI menegaskan mereka tak akan pernah berkoalisi dengan PKS. PSI menyebut ‘haram’ berkoalisi dengan PKS.

Selain itu, PSI menganggap mereka dan PKS tak akan pernah bersatu. Dia menuding PKS kerap mengadakan kampanye yang eksklusif bagi satu golongan.

“Sebagai partai nasionalis ideologis, PSI tidak akan berkoalisi dengan PKS di seluruh pilkada gubernur, bupati, dan wali kota di seluruh Indonesia. Haram bagi PSI berkoalisi dengan PKS,” kata Toni, sapaan Raja Juli Antoni, dalam keterangan pers, Selasa (9/4).

(gbr/tor)

https://www.ayojalanterus.com/2019/04/sekjen-psi-psi-sangat-tidak-sudi-haram.html

News Feed