Pensiun Jadi Bos Alibaba, Jack Ma Ingin Ikuti Jejak Bill Gates

TRIBUNWOW.COM – Pendiri sekaligus bos Alibaba, Jack Ma menyatakan akan mengundurkan diri sebagai Ketua Eksekutif kerajaan e-commerce raksasa asal China itu, pada Senin (10/9/2018) pekan depan.

Ia memutuskan untuk mengabadikan waktunya berfokus di kegiatan kemanusiaan khususnya di bidang pendidikan.

Jack Ma telah lama menunjukkan kekaguman pada pendiri Microsoft, Bill Gates, yang telah menyumbangkan sejumlah besar kekayaannya untuk tujuan kemanusiaan.

Seperti Gates, dia telah menciptakan fondasi eponimnya sendiri yakni Jack Ma Foundation, yang katanya akan mendorong ketertarikannya pada pendidikan.

Bandingkan Dirinya dengan Abraham Lincoln, Donald Trump Tuai Reaksi Negatif di Medsos

“Ini adalah sesuatu yang saya pikir bisa saya lakukan jauh lebih baik daripada menjadi CEO Alibaba,” katanya kepada Bloomberg TV baru-baru ini.

Jack Ma dahulu merupakan guru Bahasa Inggris yang meminta uang kepada temannya sebesar 60 ribu dolar Amerika Serikat (AS) untuk memulai sebuah perusahaan e-commerce China yang disebut Alibaba pada tahun 1999.

Dilansir TribunWow.com dari Daily Nation, nation.co.ke, Sabtu (8/9/2018), Jack Ma, yang nama China-nya Ma Yun, sering menggambarkan dirinya sebagai seorang pengusaha yang tidak disengaja menyerah pada kuliahnya dan memilih terjun ke bisnis perdagangan setelah menemukan internet.

Melihat peluang bagi usaha kecil untuk membeli dan menjual barang-barang secara online, ia memulai Alibaba.

Pada awalnya, ia menjalankan perusahaan itu dari apartemennya di kota Hangzhou di timur, di mana markas besar perusahaan kini masih disana.

Hingga hampir 20 tahun kemudian perusahaan Alibaba menjadi penguasa internet dan Jack Ma menjadi satu diantara orang terkaya di dunia.

Artikel Asli

News Feed