Pemerataan Akses Sanitasi Bertambah di 2019

(Foto: ksp.go.id)

Motifviral.com – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memaparkan bahwa pemerintah saat ini melakukan upaya pembangunan daerah lewat dana desa, khususnya peningkatan kesejahteraan lewat penyediaan air bersih dan sanitasi yang kian merata.

“Sesuai dengan Nawacita Ketiga dan Kelima presiden. Ditargetkan pemerataan sanitasi dan air minum bertambah hingga tahun 2019 mendatang,” kata Moeldoko saat menerima laporan penyelenggaraan World Toilet Summit 2019 yang akan digelar di Cikarang, Jawa Barat seperti yang dilansir dari ksp.go.id.

Dalam paparannya di Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Senin, 17 Desember 218, Direktur Utama Jababeka Darmono, selain menjelaskan tentang kesiapan acara, menyatakan bahwa event ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat Indonesia akan sanitasi.

Event ini juga akan menjadi inisiasi bagi perkembangan pariwisata di Indonesia yang berujung pada peningkatan PDB nasional.

6 Poin Membangun Pariwisata

“Untuk membangun pariwisata dibutuhkan 6 poin penting yaitu local culinary, local performance, local heritage, homestay, tour guide, dan yang terakhir public toilet,”kata Darmono yang juga Sekertaris Jenderal Pacific Asia Travel Assosiation (PATA) dengan menggarisbawahi masalah toilet terkesan kecil namun berdampak besar.

Dalam arahannya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyetujui 6 poin tersebut dalam membangun pariwisata, ia menambahkan perlu adanya juga roadmap yang tersusun dengan baik, termasuk adanya peraturan pendukung yang disusun bersama oleh para akademisi, pelaku bisnis, dan pemerintah.

Artikel Asli

News Feed