Pelaku Kucing Dicekoki Ciu Beri Klarifikasi: Hanya Ingin Nge-tes Netizen – motifviral.com | Portal Berita Unik | Viral

Azzam Cancel akhirnya buka suara terkait dengan video kucing minum ciu yang diunggahnya di Instagram stories. Bukannya minta maaf, bukan pula memberi penjelasan yang membuat kemarahan netizen reda. Klarifikasinya jadi semakin menggelar cemoohan netizen.

Dalam sebuah utas Twitter yang berhasil menghubungi Azzam Cancel, pemuda bernama asli Ahmad Azam yang juga mahasiswa UIN Sunan Kalijaga semester akhir ini menjelaskan maksudnya. Ia hanya sedang melakukan percobaan di media sosial tentang bagaimana hoaks menyebar. Selain melalui voice note WhatsApp, berikut ini video klarifikasi Azzam yang konon dibikin untuk mengajak netizen ‘baku hantam’ di kolom komentar.

Kucing sudah keracunan tikus

Kucing malang yang menjadi korban, disebut Azzam adalah kucing rekanannya di Tulungagung. Saat itu, kucing sudah keracunan tikus duluan. Walhasil ia kejang-kejang dan saat itu Azzam serta temannya berusaha menyelamatkan. Proses tersebut direkam menggunakan ponsel dan menurut pengakuannya, ada banyak video di dalam ponselnya.

Bukan ciu tapi air kelapa

Juga dengan ciu yang digunakan, Azzam menyatakan bahwa ia bukan menggunakan minuman tersebut. Justru dia dan temannya menggunakan air kelapa dengan tujuan menyelamatkan sang kucing persia. Meski sudah menjelaskan demikian, netizen tetap menganggap penjelasan ini tidak masuk akal. Dalam video Youtubenya, Azzam dan teman-temannya malah heran dengan netizen yang tidak percaya diberi klarifikasi bahwa itu adalah air degan (kelapa muda).

Video diunggah sepotong-sepotong untuk eksperimen sosial

Seperti disebutkan tadi, ada banyak video yang dimilikinya. Namun Azzam sengaja hanya memposting potongan-potongan tertentu dan memberikan narasi yang provokatif untuk memancing reaksi netizen. Hasilnya menurut pria yang menekuino studi Pendidikan Agama Islam itu, hanya 3-4 orang yang menanyakan klarifikasi, sementara 99% lainnya termakan hoaks yang ia umpankan.

Penjelasan Azzam semakin membuatnya dalam resiko

Jadi intinya, Azzam mau bilang bahwa tidak semua seperti kelihatannya. Ia hanya menggunakan video kucing keracunan yang sedang diselamatkan air kelapa. Namun demi sebuah eksperimen sosial yang terkesan meladeni egonya sendiri, ia menambahkan narasi yang memancing reaksi netizen. Azzam mengaku sudah siap dan memperkirakan resiko yang akan dia hadapi. Meski demikian, ia masih tidak habis pikir dengan netizen yang mudah percaya akan narasi hoaksnya padahal tak masuk akal.

Bukannya bikin adem, kini Azzam malah membuat dirinya terancam. Terlibat masalah dengan pihak animal defender, terancam kena pasal UU ITE, serta bisnis kedai kopinya yang terancam digeruduk massa. Beginilah memang kalau kepandaian tidak dilandasi jembatan kebijaksanaan. Alih-alih dapat penemuan, malah terancam berlapis-lapis hukuman.

BACA JUGA: Video Viral Kucing Diberi Ciu untuk Jadi Konten Instagram

Hanya Azzam, temannya, si kucing dan Tuhan yang benar-benar tahu kebenaran dari perkara ini. Yang jelas di video klarifikasi tersebut ada penjelasan dan Azzam serta teman-temannya yang menyebut dirinya tidak bersalah. Namun sepertinya proses hukum tidak akan kasih kendor dan publik masih menunggu bagaimana pelaku mempertanggungjawabkan tindakannya.

https://www.boombastis.com/pelaku-kucing-ciu/251543

News Feed