Misa Akbar Pertama Paus Fransiskus di Arab, Dihadiri Ratusan Ribu Umat

Dalam kunjungannya ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Paus Fransiskus memimpin misa akbar kepausan yang dihadiri lebih dari 120.000 umat. Dilakukan pada Selasa (5/2/2019) kemarin, ibadah tersebut sekaligus jadi misa akbar pertama yang dilakukan di Semanjung Arab.

Konon, UEA memiliki sekitar sejuta umat Katolik, yang sebagian di antaranya berasal dari Filipina dan India. Paus Fransiskus memasuki stadion menggunakan sebuah jeep putih tanpa atap untuk menyapa ratusan ribu umat, termasuk ribuan muslim, yang berkumpul di tempat itu. Ribuan umat melambai-lambaikan bendera kuning-putih Vatikan menyambut pemimpin umat Katolik sedunia itu.

Sumber : AFP Karim Sahib

Panitia penyelenggara dan pemerintah Abu Dhabi mengatakan bahwa misa akbar itu dihadiri oleh umat Katolik dari sekitar 100 negara, bersama sekitar 4.000 umat Islam. Pada kunjungannya tersebut, Fransiskus diundang langsung oleh Putera Mahkota Abu Dhabi yakni, Pangeran Sheikh Mohammed bin Zayed al Nahyan. Sepanjang misa, Paus bercerita dalam bahasa Italia dan Inggris. Dirinya juga menyampaikan kecaman akan perang saudara di Timur Tengah, termasuk Perang Yaman yang melibatkan Uni Emirat sekutu utamanya Arab Saudi. Beliau juga mendorong terciptanya kerja sama lebih luas antara umat Kristen dan Islam.

Jadi sesuatu yang langka, beberapa umat yang menghadiri Misa, merasa bersyukur karena sebelumnya tidak ada ibadah sebesar itu yang mereka ikuti di sana.

Artikel Asli

News Feed