Menteri ATR Bagikan 1000 Sertifikat Tanah Hasil Program PTSL

Motifviral.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), Sofyan A Djalil, membagikan 1.000 sertifikat tanah hasil program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat Kabupaten Belitung Timur di GOR Belitung Timur, pada Selasa, (18/12/2018). Pada kesempatan tersebut, ia menyerahkan sertifikat tanah kepada 12 orang perwakilan masyarakat.

Dalam sambutannya, Sofyan A. Djalil mengatakan bahwa program ini merupakan program kerja pemerintahan Presiden Jokowi-Jusuf Kalla, yang sangat peduli terhadap kesejahteraan masyarakat. “Alasan utama Presiden meminta agar penyertipikatan tanah dipercepat karena banyaknya sengketa tanah,” ujar Menteri ATR.

Menurut Sofyan A. Djalil, jika tanah tidak memiliki sertifikat tanah maka tanah yang dimiliki rawan untuk direbut oleh pihak lain maupun diklaim. “Jika sudah begitu, penyelesaiannya akan sangat lama,” lanjutnya.

Laporan Terkait Program PTSL

Menteri ATR pula memaparkan kepada masyarakat bahwa program PTSL saat ini berjalan lancar berkat dukungan semua pihak. “Tahun lalu, kami berhasil menerbitkan 5 juta sertifikat tanah. Sedang untuk tahun ini ditargetkan 7 juta sertifikat tanah dan tahun depan kami terbitkan 9 juta sertifikat tanah,” tutur Sofyan A. Djalil, seperti yang dilansir dari Atrbpn.go.id.

“Kami menargetkan 2025 seluruh tanah di Republik Indonesia sudah terdaftar seluruhnya,” katanya lagi.

Dalam laporannya, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Bangka Belitung, Agus Sutanto mengatakan bahwa untuk tahun 2018 Provinsi Bangka Belitung mendapat target PTSL sebanyak 19.000 bidang. “Berdasarkan dashboard PTSL, kami berhasil menyelesaikan semuanya,” ungkap Agus Sutanto

“Semua itu berkat kerja sama yang baik antar jajaran maupun dengan Pemerintah Daerah,” ujarnya lagi.

Artikel Asli

News Feed