Mengenal Mobil Anak Bangsa, Bus Listrik Ramah Lingkungan yang Bakal Melaju di Jalanan – motifviral.com | Portal Berita Unik | Viral

Selain Moda transportasi seperti Mass Rapid Transportation (MRT) yang mulai dibuka untuk umum beberapa waktu lalu, kini giliran Bus Listrik Transjakarta yang akan segera diluncurkan dan diproduksi secara massal dalam waktu dekat. dilansir dari laman regional.kompas.com, PT MAB selaku penyedia armada transportasi, siap diuji coba pada tahun ini.

Sama seperti dengan MRT yang menggunakan tenaga listrik sebagai penggeraknya, giliran Bus Listrik Transjakarta juga menerapkan zero emision alias ramah lingkungan. Sama seperti kendaraan listrik pada umumnya, moda transportasi itu juga bakal menjadi solusi masa depan untuk menjaga kebersihan lingkungan Ibukota yang bakal semakin padat dengan penduduk. Seperti apa bentuknya?

Dirancang sebagai kendaraan ramah lingkungan untuk menekan polusi di Ibukota

Sebagai kendaraan bertenaga listrik, Bus Trans Jakarta besutan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) juga mengusung tipe kendaraan yang zero emision alias ramah lingkungan. Dilansir dari megapolitan.kompas.com, moda transportasi itu memiliki emisi lebih rendah bahkan bahkan hingga nol persen dibandingkan bus transjakarta biasa. Hal ini tentu akan memiliki dampak positif bagi kondisi Jakarta ke depannya.

Di mana tingkat polusi yang dihasilkan dari kendaraan berbahan bakar fosil, akan berkurang seiring dengan menjamurnya moda transportasi massal seperti Bus listrik besutan PT MAB di atas. Menurut penulis pribadi, keberadaan bus listrik ini nantinya bisa mengakomodir penumpang untuk menggunakan angkutan umum seperti MRT yang kini mulai beroperasi.

Segera diluncurkan untuk umum dengan melakukan uji coba

PT Mobil Anak Bangsa yang didirikan oleh Jenderal TNI (Purn.) Dr. Moeldoko, S.IP. tersebut, memastikan bakal segera meluncurkan Bus Listrik Transjakarta dalam waktu dekat. Laman regional.kompas.com menuliskan, PT MAB selaku penyedia armada transportasi, siap diuji pada tahun ini.

Hal ini juga selaras dengan PT Transjakarta yang akan melangsungkan uji coba pada Mei 2019 dengan unit sebanyak 10 buah kendaraan selama 6 bulan. Dikutip dari laman kumparan.com, beberapa bagian penting, khususnya baterai dan motor listrik masih diimpor. Sementara untuk itu, tingkat komponen yang sdah diproduksi di dalam negeri, mencapai hampir 40%.

Sanggup memproduksi bus listrik hingga 100 buah perbulan

Selaku produsen bus listrik dalam negeri, PT Mobil Anak Bangsa (MAB) mengklaim mampu merakit 100 bus ramah lingkungan itu dalam waktu sebulan. Laman otomotif.tempo co menuliskan, prosesnya telah masuk dalam tahap uji tipe di Kementerian Perhubungan dan kemudian dilanjutkan ke Kementerian Perindustrian untuk mendapatkan lisensi produksi.

Mampu produksi hingga 100 buah perbulan [sumber gambar]

Berkapasitas 24 kursi dengan empat tempat duduk prioritas disabilitas, ibu hamil, serta lansia, (total 60 penumpang), bus listrik itu dilengkapi dengan mesin Lithium Fenno Phosphabe (LiFePo) dengan daya 259 kWh, serta tenaga maksimum 268 hp. Masing-masing bus akan dilengkapi dengan 12 baterai.

BACA JUGA: 5 Kendaraan Masa Depan ini Akan Menyelamatkan Kita Dari Kecelakaan Pesawat

Sama seperti MRT, keberadaan bus listrik besutan PT Mobil Anak bangsa (MAB) juga bisa menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat Ibukota dalam mengakses transportasi. Terlebih, kendaraan yang mengusung teknologi zero emision, ke depannya bakal sering dibutuhkan demi mengurai pekatnya polusi yang selama ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah DKI Jakarta. Hebat ya Sahabat Boombastis.

———-

Sumber referensi penulisan:

1. Moeldoko Pastikan Bus Listrik Transjakarta dari PT MAB Segera Meluncur
https://regional.kompas.com/read/2019/03/25/22024001/moeldoko-pastikan-bus-listrik-transjakarta-dari-pt-mab-segera-meluncur

2. Mobil Anak Bangsa Sanggup Produksi 100 Bus Listrik Sebulan
https://otomotif.tempo.co/read/1187965/mobil-anak-bangsa-sanggup-produksi-100-bus-listrik-sebulan

3. Belum Diproduksi, Bus Listrik Anak Bangsa Sudah Dapat Pesanan
https://otomotif.kompas.com/read/2018/12/06/142400315/belum-diproduksi-bus-listrik-anak-bangsa-sudah-dapat-pesanan

https://www.boombastis.com/bus-listrik-pt-mobil-anak-bangsa/215382

News Feed