Melihat Kuda Seharga 200 Miliar Milik Pangeran Qatar yang Berlaga di Asian Games

Dari 40 cabang lomba yang digelar dalam ajang Asian Games, berkuda adalah salah satu di antaranya yang dihelat di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP). Meskipun bukan cang olahraga yang dikenal masyarakat luas, cabor ini ternyata memiliki banyak sekali keunikan.

Dalam Asian Games ini, setidaknya ada 120 kuda dari 20 negara yang akan dipacu dalam arena pertandingan. Kuda-kuda ini bukan binatang biasa mengingat harganya super mahal, bahkan ada yang setara dengan puluhan Lamborghini. Berhasil masuk dalam final round 1 individual jumping, mari kita lihat kuda termahal yang harganya ratusan miliar.

Sirocco yang merupakan kuda mahal atlet kontingen Qatar

Sirocco dan pangeran Qatar [Sumber gambar]

Rafiq Radinal, Konsultan Teknis Pembangunan Equestrian Venue Asian Games 2018 mengatakan bahwa kuda yang boleh bertanding memiliki beberapa syarat, seperti usia yang hanya rentan 6-15 tahun, dengan rentan tinggi punggung 169 cm sampai 173 cm. dari beberapa peserta, ada beberapa negara yang mengutus anggota kerajaannya, seperti Qatar, Jepang, dan Brunei. Yang paling memiliki nilai fantastis adalah Sirocco milik Qatar, seharga 6 juta euro-16 juta euro. Jika dirupiahkan harganya mencapai 200 miliar.

Sumbangkan medali perak

Perolehan medali perak [Sumber gambar]

Sirocco berhasil membawa sang atlet, Althani Ali masuk dalam laga final round 1 individual jumping melawan atlet Kuwait, Alkhorafi Ali, kemarin (30/8). Sayang, Althani harus pulang dengan berpuas hari membawa perak karena emas kali ini diraih oleh Kuwait. Tapi hal tersebut rasanya tak sia-sia bagi sang atlet, hitung-hitung menambah jumlah pundi-pundi emas negaranya.

Harga semakin mahal karena beberapa faktor

Arabian Horse pangeran Qatar [Sumber gambar]

Bagi yang penasaran mengapa sih kok harga kuda pacu ini begitu mahal, bahkan mobil sport pun kalah? Nah, harga seekor kuda ini dipengaruhi oleh banyak alasan, misalnya bentuk, fungsionalitas, kesan, hingga riwayat dan sejarah yang membuat ia meroket, seperti dilansir oleh bola.com. Salah satu ras kuda yang paling mahal adalah Arabian Horse, yang beberapa ikut tampil dalam Asian Games. Kuda jenis Arabian ini mahal juga karena dianggap terkuat dan memiliki kecepatan yang sangat bagus.

Perawatan kuda yang ekstra hati-hati

Perawatan kuda [Sumber gambar]

Untuk merawat kuda-kuda mahal ini, tak tanggung-tanggung, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyiapkan venue khusus di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP). Di tempat ini kuda ditampung dan dijaga agar tetap dalam keadaan prima. Ada pemberian cairan desinfektan agar kuda tak diserang kutu-kutu, penyediaan petugas khusus yang membersihkan kotoran kuda, jerami agar urine kuda tidak langsung mengenai alas kandang. Semua kandang juga dilengkapi botol otomatis yang menampung air danau sebagai minuman kuda.

Ya, jadi wajar saja kalau kuda kontingen Qatar ini super duper mahal, selain ras-nya yang merupakan Arabian, perawatan yang dijalani saja sangat ketat. Pada akhirnya, Sirocco berhasil membawa hadiah medali perak untuk negaranya.

Artikel Asli

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed