Lebih Sehat Tidur dengan Lampu Menyala atau Mati ๐Ÿ™„ ? Ini Jawabannya ๐Ÿ™‚

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba beberapa cara ini agar terbiasa tidur dengan posisi lampu dimatikan:

1. Cahaya seperti matahari saat bangun tidur lebih baik dan dapat membantu tubuh mengatur jam internalnya. Sehingga kamu bisa membiasakan diri terpapar sinar matahari pagi saat bangun tidur untuk menjaga waktu bangun yang konsisten.

2. Matikan semua sumber cahaya seperti televisi, komputer, ponsel, tablet, setidaknya satu jam sebelum pergi tidur. Cahaya birunya mengarah langsung ke mata bisa membuatnya lelah.

3. Jika kamu memiliki rasa takut akan kegelapan, kamu bisa mengatasinya dengan perlahan mematikan satu-satu sumber cahaya. Atau kamu bisa meminta bantuan terapis untuk melakukan terapiย cognitive behavioralย yang terbukti dapat membantu gangguan tidur dan fobia.

4. Masih merasa tak nyaman jika tak ada cahaya? Batasi sumber cahaya, misalnya membuka sedikit gorden untuk membiarkan cahaya dari luar masuk, atau mengenakan masker mata.

5. Lampu tidur bisa menjadi solusi, namun pilihlah yang memancarkan warna jingga atau merah. Warna ini terbukti tidak akan mengganggu sistem sirkadian atau siklus tubuhmu.

6. Saat terbangun untuk buang air di tengah malam, ketimbang nyalakan lampu utama kamu bisa menggunakan senter atau pasang lampu tidur di dalam kamar mandi.

7. Atur jam tidur sesuai yang dibutuhkan oleh tubuhmu.

https://www.ayojalanterus.com/2019/04/lebih-sehat-tidur-dengan-lampu-menyala.html

News Feed