Lama Vakum Dari Dunia Tarik Suara, Micky AFI Siapkan Mini Album Di Tahun Ini

Dalam sehari, seseorang bisa menatap gawainya sampai berjam-jam. Ada yang sibuk bermain media sosial, memantau berita, mengobrol sampai lupa waktu, dan segala aktivitas lain yang biasa dilakukan dengan ponsel. Aktivitas ini tentu sangat menyita waktu seseorang. Semakin sering menatap layar terus menerus sembari menggerakan layar ponsel membuat otak kekurangan waktunya untuk ‘bernapas’ sejenak.

Belum lagi kewajibannya ditempat kerja yang membuatnya harus terus fokus selama jam kerja. Tanpa sadar, hidup kita memang terus berjalan, tapi seperti robot. Kita jadi tak punya waktu untuk melamun. Padahal, melamun itu perlu. Kamu tak bisa mengatakan orang yang suka melamun berarti ia pemalas atau kurang produktif.

Karena dilansir dari LiveScience, para ahli menemukan jika melamun terbukti memotivasi seseorang untuk bekerja demi mencapai tujuannya. Bahkan lebih jauh lagi, melamun bisa melatih kemampuan empati kita terhadap orang lain lho.

Pertama, dengan Melamun, Kamu Mempertajam Kemampuan Mengingat

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh Psychological Science menemukan nyatanya ada hubungan antara melamun dan tujuan daya ingat. Studi tersebut menemukan bahwa aktivitas melamun memungkinkan otak untuk mempertahankan dan mengingat informasi, lho. Saat kamu sedang melamun sejatinya otak sedang menyimpan beragam informasi dalam memori jangka panjang. Hal ini tentu tak bisa dilakukan oleh otak jika sedang disibukkan dengan kegiatan lain seperti bekerja, belajar, atau melihat gawai.

Orang yang Terbiasa Melamun Justru Lebih Cepat Menyelesaikan Masalah yang Menderanya

Manfaat lain melamun ternyata untuk membantu mengasah otak dalam menyelesaikan masalah dengan lebih efektif. Hal ini dibuktikan lewat penelitian dari Proceedings of the National Academy of Sciences di tahun 2009. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa bagian otak yang mendorong kita untuk menyelesaikan masalah rumit akan menjadi lebih aktif ketika kamu melamun.

Ini karena ketika dalam keadaan melamun, fungsi kognitif otak manusia justru meningkat. Ada eksperimen lainnya dari Bar-Ilan University di Israel, dimana para partisipan diminta untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu di layar komputer. Hasilnya, mereka yang mengerjakan pekerjaan tersebut sambil diselingi lamunan beberapa kali kinerjanya justru lebih baik daripada mereka yang berkonsentrasi penuh sepanjang sesi tersebut. Ini berarti kebiasaan bengong justru membantumu bekerja dengan lebih produktif dan efektif.

Melamun pun Ternyata Bisa Efektif Melepas Stres

Tanpa disadari, stres akan membuat pernapasanmu jadi tak teratur dan dangkal. Hati-hati, terbiasa melakukan pernapasan dangkal bisa menyebabkan otak dan paru-paru jadi tak mendapatkan cukup udara untuk oksigen. Akibatnya, kamu jadi sesak napas. Untuk itu, melamun itu perlu.

Mengosongkan pikiran saat melamun sejatinya membuat napasmu jadi lebih teratur. Pasalnya ketika kamu melamun alias berada dalam fase default-mode, otak akan beristirahat dari apapun yang harus dipikirkan untuk sementara. Aktivitas ini sejatinya bentuk lain dari meditasi. Melamun bisa membantu pikiranmu jadi lebih rileks.

Bahkan Mendorong Munculnya Empati di Dalam Diri

Dengan melamun terkadang terlintas berbagai pikiran yang datang begitu saja, entah itu kenangan masa lalu atau bayangan masa depan. Bahkan tidak jarang kita melamunkan tentang orang lain, bagaimana perasaanya, pikirannya dan segalanya tentang orang lain. Tanpa sadar hal itu sangat baik bagi kita untuk meningkatkan interaksi dengan orang lain, tentu dengan kita berkomunikasi dengan orang lain secara nyata. Ya, keadaan seperti itulah yang melatih munculnya empati dari dalam diri.

Sesekali Melamunlah, Sebagai Momenmu Bercermin alias Berkontemplasi tentang Dirimu

Sebuah studi menunjukkan bahwa melamun dapat membantu otakmu merekap ulang apa yang telah kamu alami dan lakukan sepanjang satu hari. Kamu dianjurkan untuk memiliki waktu melamun ditengah segala kesibukanmu demi menemukan sesi untuk refleksi diri agar kamu lebih mawas diri terhadap situasi dan orang lain. Dengan kata lain, manfaat melamun secara tidak langsung dapat memacu diri untuk memperbaiki diri, lebih berpikiran terbuka, dan berempati dengan orang-orang di sekitarmu, bukan?

Artikel Asli

News Feed