Korban Tsunami Selat Sunda : 43 Meninggal dan 584 Luka-Luka dan 2 Orang Hilang

Makanan Indonesia memiliki cita rasa tersendiri di mata dunia. Banyak orang yang kerap menyukai cita rasa masakan Indonesia yang beragam bumbu, yang sangat identik di lidah. Apalagi hampir semua makanan yang tersebar dari sabang sampai merauke menggunakan rempah-rempah. Tak ayal ini menjadikan beberapa makanan Indonesia menjadi makanan yang dicintai di luar negeri.

Salah satu makanan yang paling dicintai adalah Rendang. Di dalam negeri sendiri saja, makanan ini cukup difavoritkan oleh masyarakat. Tak ayal kalau kalau Rendang dilansir dari CNN pada tahun 2016 menjadi makanan paling enak nomor satu di dunia. Nah selain, Rendang masih ada lagi beberapa makanan yang jadi primadona di di luar negeri.

Es Dawet

Siapa yang tidak tahu es dawet? makanan manis ini memang sangat segar disantap pada saat cuaca panas. Es dawet yang sangat segar ini, pun juga dicintai di luar negeri tidak hanya di Indonesia. Sayang, ketika pihak CNN Travel memasukan nama Es Dawet sebagai World’s 50 Best Desserts, ia menuliskan kalau es ini berasal dari Singapura. Meskipun Es Dawet terkenal di sejumlah negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja, Thailand dan sebagainya. Menurut peneliti dari Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gadjah Mada, Murdijati Gardjito kalau es ini sudah berada di Indonesia sejak tahun 1323.

Tempe

Tempe menjadi salah satu lauk favorit Indonesia, bahkan makanan ini menjadi makanan umum yang sangat mudah ditemukan di meja makan. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini sudah populer di dunia, Jepang dan Inggris adalah dua negara yang menyukai tempe. Di London terdapat tempat makan bernama Warung Tempeh yang menjual berbagai makanan sehat, khususnya Vegan. Will Mitchell sang pemilik warung tersebut mengaku terinspirasi setelah memakan tempe.

Gudeg

Gudeg menjadi makanan khas Yogyakarta yang tidak kalah populer. Makanan yang berasal dari nangka muda dan dimasak dengan santan, memiliki kelezatan yang terkenal sampai ke mancanegara. Sampai-sampai dijual di beberapa kota di luar negeri, salah satu toko gudeg yang paling populer berada di Melbourne yang berada di kawasan Clayton Road,

Soto

Soto merupakan makanan yang bervariasi sebenarnya. Toh kamu tahu ada yang namanya Soto Betawi, coto Makassar, Soto Lamongan dan sebagainya. Masing-masing pun memiliki racikan rempah-rempah yang cukup menggeliat di lidah. Ternyata dari sekian banyak varian soto di Indonesia, di Jepang makanan cukup digemari. Salah satunya masyarakat Ibaraki yang sudah terbiasa dengan makan soto karena banyak pelajar Indonesia di sana.

Indomie

Meskipun bukan makanan seperti yang sebelumnya kami sebutkan, tapi siapa sih yang tidak suka Indomie. Mie instan yang diproduksi PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Indomie telah sukses diekspor ke 80 negara lebih.Rasanya pun coba disesuaikan dengan kearifan lokal dari masing-masing negara. Di Nigeria Indomie jadi pionir mie instan, sampai-sampai ada pengusaha sukses karena menjual Indomie.

Artikel Asli

News Feed