Kata Sandiaga soal Keinginan Israel Jalin Hubungan Diplomatik dengan Indonesia

Sebelumnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang ingin membuka hubungan diplomatik dengan Indonesia. JK mengatakan saat ini belum waktunya membuka hubungan diplomatik bersama Israel.

“Perdamaian tidak mungkin kita buka hubungan diplomatik,” kata JK di Kantornya, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa 16 Oktober 2018.

JK meminta Israel fokus dengan masalah perdamaian bersama Palestina. Jika sudah damai, kata JK, Indonesia akan membuka peluang tawaran hubungan diplomatik itu.

“Kalau sudah damai antara Palestina dengan Israel dan mereka mengakui antara salah satunya, ya tentu bisa saja terjadi. Tapi sebelum itu diakui atau perdamaian tidak mungkin kita buka hubungan diplomatik,” ungkap JK.

Dalam sebuah acara konferensi Kristiani di Yerusalem, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dia ingin membuka hubungan diplomatik dengan Indonesia. “Indonesia sangat-sangat penting bagi kami. Indonesia negara penting,” ujar Netanyahu dalam konferensi itu, seperti dilansir laman ABCNews, Senin 15 Oktober.

Menurut keterangan di situs konferensi, acara pertemuan empat hari itu menghadirkan sejumlah jurnalis Kristen dari berbagai belahan dunia untuk membahas sejumlah topik berkaitan dengan Israel dan dunia Kristiani.

Israel dan Indonesia memang tidak punya hubungan diplomatik resmi namun kedua negara sudah menjalin hubungan perdagangan dan pariwisata.

“Indonesia ada lebih dari 200 juta penduduk. Ada muslim ada juga puluhan juta warga Kristen. Kami ingin mereka ke sini (Yerusalem),” ujar Netanyahu.

“Kami ingin punya hubungan baik dengan mereka. Saya akan usahakan soal visa,” kata dia.

Netanyahu mengatakan itu menjawab pertanyaan dari seorang jurnalis Kristen pro-Israel asal Indonesia Monique Rijkers. Wartawan itu ingin Israel tetap terbuka bagi orang Indonesia. Rijkers menyinggung soal larangan masuk bagi orang Indonesia ke Israel awal tahun ini.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Wapres JK tinjau langsung korban gempa di Palu. JK juga meninjau langsung Perumnas Balaroa yang terkena dampak gempa cukup besar.

Artikel Asli

News Feed