Jokowi: Jangan Sampai Puluhan Tahun Masyarakat Tak Punya Sertipikat Tanah

Sementara itu, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil melaporkan perkiraan jumlah bidang tanah di Provinsi Jawa Barat sejumlah 19.852.152 bidang, dan yang sudah terdaftar sejumlah 7.007.268 bidang atau 35,3 persen dari jumlah bidang tanah. 

Sedangkan untuk sisa yang belum terdaftar sejumlah 12.844.884 bidang (64,700%). Pada tahun 2018 ini Provinsi Jawa Barat mendapatkan target penyelesaian PTSL sebanyak 1.270.000 bidang yang tersebar di 26 Kabupaten/Kota.

“Dua Kecamatan di Bogor sudah lengkap atau sudah terdaftar semua bidang tanahnya. Harapannya tahun depan kita akan lengkapkan pendaftaran seluruh bidang tanah di Bogor,” ujar Sofyan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang turut hadir dalam kegiatan itu mengungkapkan siap mendukung segala kegiatan Pemerintah pusat dalam melaksanakan legalisasi aset melalui PTSL.

“Sertipikat tanah ini sangat penting untuk kepastian hukum karena kepemilikan tanah yang belum terlegalisasi akan rentan sengketa tanah,” ujar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menambahkan bahwa akselerasi PTSL di Jawa Barat akan dialokasikan untuk pengembangan empat jalur kereta api, pembangunan tol, dan pembangunan fly over.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut: 

Presiden Jokowi meminta BPN bekerja maksimal terbitkan sertifikat tanah. BPN ditargetkan bisa menerbitkan 9 juta sertifikat dalam setahun

Artikel Asli

News Feed