Jawab Tantangan Industri 4.0, Jokowi: “Petani Bisa Jualan Online”

Jawab Tantangan Industri 4.0, Jokowi: “Petani Bisa Jualan Online”

Artikel Terbaru :








  Ayo  Jalan Terus !  – Capres petahana Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) menjawab pertanyaan moderator tentang upaya dalam menghadapi revolusi industri 4.0 di bidang pertanian, perikanan, serta peternakan.

Jokowi mengatakan, bahwa dalam revolusi industri 4.0 ini teknologi memang berkembang pesat. Karenanya, kata Jokowi, diperlukan pembangunan sumber daya manusia yang matang.

“Saya menyakini dengan persiapan pembangunan SDM kita bisa persiapkan bangsa kita menuju revolusi industri 4.0,” kata Jokowi dalam Debat Capres Jilid 2 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).



Di sektor pertanian, kata Jokowi, dirinya akan mendekatkan petani dengan marketplace agar bisa dekat dengan konsumen.

“Contoh petani, umumnya petani dikenalkan marketplace sehingga mereka bisa jualan online, sehingga hubungan petani dan konsumen semakin cepat, dan UMKM untuk bisa manfaatkan online sistem ini,” jelasnya.

Jokowi bilang diperlukan waktu hingga bisa menyongsong industri 4.0 agar tak tertinggal dengan negara lain.

“Ini proses-proses yang terus kita kerjakan di lapangan sehingga kita tidak tertinggal di negara lain dalam menyongsong industri 4.0,” kata dia/

Jokowi juga pamer dalam pembangunan infrastruktur palapa ring dan internet.

“Saya juga sampaikan Palapa ring yang sudah dibangun di Indonesia bagian barat, timur hampir sudah 100% dan sistem 4G di 74 kota. Kalau tahun ini selesai kita akan gampang masuk digitalisasi,” tuturnya, (fdl/eds)



Calon presiden Indonesia nomor urut 2 Prabowo Subianto menanggapi omongan rivalnya  soal revolusi industri 4.0 di sektor pertanian.

“Kita bicara industri 4.0 tapi sekarang kita belum bisa menjamin harga-harga petani sendiri,” kata Prabowo dalam debat kedua calon presiden 2019 pada Ahad (17/2/2019).



Capres yang didukung oleh PKS,  Gerindra dan PAN itu mengingatkan faktor lainnya.

“Saya lebih ingin lebih dulu bisa menjamin swasembada bagi rakyatnya sendiri petaninya sendiri sebelum bicara gantikan tenaga kerja dgn 4.0,” ungkap dia.




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News







Artikel Asli

News Feed