Jarang Terdengar, Inilah Deretan Prestasi yang Sudah Diraih Boyolali

Calon Presiden nomor urut 02 yaitu Prabowo Subianto tersandung masalah terkait pidato yang ia serukan di Boyolali akhir Oktober kemarin. Di acara peresmian Kantor Badan Pemenangan Prabowo-Sandi, mantan anggota TNI tersebut menyebutkan kalimat yang dianggap melecehkan warga Boyolali. “Dan saya yakin kalian nggak pernah masuk hotel-hotel tersebut, betul? Mungkin kalian diusir, tampang kalian tidak tampang orang Kaya, tampang kalian ya tampang orang Boyolali ini.”

Nah, berbicara tentang Boyolali ternyata ia kota ini memiliki beragam fakta yang tidak diketahui oleh orang banyak. Selain memiliki banyak tokoh sukses, Boyolali juga punya prestasi yang sudah diraih sejak dulu. Jadi apa saja prestasi yang dimiliki oleh Boyolali?

Meraih penghargaan Kabupaten berkinerja terbaik

Siapa sangka, kota kecil yang berada di Kaki Merbabu tersebut memiliki prestasi membanggakan. Adalah pernah mendapat penghargaan sebagai salah satu dari lima daerah se-Indonesia yang mempunyai kinerja terbaik dari penyelenggaraan pemerintahan tahun 2017 lalu. Nama penghargaan tersebut yakni iNominasi Prestasi Kinerja Tertinggi.

Kinerja terbaik [Sumber Gambar]

Menariknya, Boyolali sudah mengalahkan 540 daerah otonom di Indonesia yang tentunya lebih besar dari kabupaten itu sendiri. Namun dengan kerja keras yang dilakukan selama ini, Boyolali akhirnya mendapatkan penghargaan itu bersama dengan empat daerah lainnya yaitu Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Malang, Bulukumba dan‎ Sidenreng Rappang.

Penghargaan pelayanan publik terbaik dari iNews

Tak kalah dari sebelumnya, Boyolali juga sanggup meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Award. Di kategori Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi, Boyolali mengalahkan semua kota atau kabupaten di seluruh Jawa Tengah.

Pelayanan publik terbaik [Sumber Gambar]

Apresiasi ini diberikan kepada Kota Susu ini lantaran telah menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang di dalamnya sudah ditambahkan teknologi informasi. Bupati Boyolali yakni Seno Samodro menyebutkan jika pelayanan dengan menggabungkan teknologi informasi bisa menjadi lebih cepat, singkat dan juga efisien dalam pembiayaan.

Meraih penghargaan hukum dan hak asasi manusia

Lalu, Boyolali juga pernah meraih penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia di tahun 2016. Menurut Yoga Nugroho selaku Kasubag Bantuan Hukum dan HAM, Setda Boyolali jika kabupaten tersebut dinilai peduli terhadap Hak Asasi Manusia.

Penghargaan hukum dan HAM [Sumber Gambar]

Artinya, atas kepemimpinan dari Bupati Seno Samodro dalam menjalankan Pemerintahan di Kabupaten berkomitmen untuk menjunjung tinggi Hak Asasi kepada seluruh warganya tanpa diskriminasi. Jadi pantas Boyolali ini mendapatkan penghargaan yang tak dapat diraih oleh kota atau kabupaten lain.

Meskipun kota kecil, ternyata Boyolali telah menoreh banyak prestasi yang tak disangka-sangka. Dari sini telah membuktikan kalau Boyolali tidak bisa dianggap remeh. Ya walaupun Prabowo sempat mengatakan “tampang Boyolali”, namun itu seharusnya tidak jadi masalah besar. Sebab, Boyolali telah mencetak prestasi yang tak dapat diraih oleh kota atau kabupaten se-Indonesia.

Artikel Asli

News Feed