Jadi Pemimpin di Negara Lain, 5 Orang Ini Ternyata Berdarah Indonesia

Indonesia seperti yang kita tahu adalah sebuah negara yang memiliki banyak banyak sekali penduduk, terdiri dari berbagai etnis dan suku. Selain itu, orang Indonesia punya kegemaran merantau ke negara lain, entah itu dalam urusan bisnis, sebatas mencari pekerjaan hingga sukses berpolitik di sana.

Nah, dari sejumlah orang tersebut ada yang memutuskan untuk menetap, membangun hidup dan keluarga di tanah rantau hingga mereka sukses. Ternyata ada juga yang menjadi pemimpin di negara orang loh. Siapa saja mereka? Simak sampai habis uraian berikut ya!

Peter M, Christian (Presiden Mikronesia)

Peter M, Christian [Sumber gambar]

Kebanyakan kita hanya tahu bahwa orang-orang Suriname-lah yang ada hubungan erat dengan Indonesia. Tapi tahukah kamu kalau presiden Micronesia masih punya darah Indonesia. Negara dengan nama Federated States of Micronesia (terletak di utara Papua Nugini dan bersebelahan dengan Filipina) ini dipimpin oleh generasi ketiganya bernama Peter M, Christian. Peter sendiri masih punya darah Maluku yang berarti masih keluarga Indonesia. Hal tersebut diungkap oleh presiden Jokowi saat pernyataan pers bersama Peter di Istana Bogor bulan Juli lalu.

Richard Rakotonirina, Gubernur Akademi Militer Angkatan Darat (Akmil AD) Madagaskar

Richard Rakotonirina [Sumber gambar]

Meski letaknya jauh terpisah ribuan kilo dengan Indonesia, nenek moyang orang Madagaskar konon memang berasal dari Indonesia. Tak heran jika banyak sekali kemiripan negara tersebut dengan Indonesia, pastinya juga penduduknya. Salah satu pemimpin yang berhasil di negara pesisir timur Afrika ini adalah Richard Rakotonirina,. Richard mengatakan bahwa ayahnya berdarah Indonesia. Walaupun sekarang menjadi Gubernur Akademi Militer Angkatan Darat (Akmil AD), ia sangat mencintai Tanah Air Indonesia dengan segala budaya dan adatnya.

Paul Somohardjo, ketua parlemen Suriname

Paul Sumohardjo [Sumber gambar]

Kalau ini dari namanya saja sudah ketahuan kalau sosok tersebut berdarah Indonesia. Yap, Paul Somohardjo adalah mantan Ketua Parlemen Suriname periode 2005-2010. Ia memimpin partai politik Pertjajah Luhur (kadang kala dieja sebagai Pertjajah Luwur atau Perdjaja Luhur). Secara garis keturunan, kakek dan nenek Paul berdarah Semarang dan Surakarta. Tak heran jika sosoknya kerap berkunjung ke Jawa, sekaligus turut andil melestarikan budayanya. Karena memang masih keluarga Indonesia.

Ahmad Zahid Hamidi, Mendagri Malaysia

Ahmad Zahid Hamidi [Sumber gambar]

Karena masih sama-sama satu rumpun –Melayu, pastinya hubungan Indonesia-Malaysia sangat dekat. Banyak pemimpin yang sukses di negeri Jiran ternyata masih berdarah Indonesia. Salah satunya adalah Ahmad Zahid Hamidi. Ia adalah Mendagri (Menteri dalam negeri) sekaligus tokoh politik senior Partai Barisan Nasional (UMNO). Ahmad mengakui jika dirinya asli keturunan Indonesia, kakeknya berasal dari Kulon Progo, sedangkan neneknya adalah orang Ponorogo. Meskipun dibesarkan di Malaysia, sosoknya mengaku ia bisa berbahasa Jawa. Wah, keren nih…

Yusof Ishak, Presiden pertama Singapura

Tun Yusof Ishak [Sumber gambar]

Dilansir dari goodnewsfromindonesia.id, Tun Yusof Ishak adalah presiden pertama Singapura yang memerintah pada 1965-1970. Usut punya usut ternyata, ia adalah keturunan ke 4 dari Dt Jonaton. Keluarganya adalah orang Minang –Pagaruyung yang merantau ke Singapura pada tahun 1730. Untuk menghormati jasa-jasanya selama menjadi pemimpin negara, wajah Yusof Ishak diabadikan dalam uang dolar Singapura.

Nah, itulah 5 orang berdarah Indonesia yang sukses di negara asing. Orang Indonesia memang gemar sekali merantau dan mencari kehidupan di negara lain. Hal tersebut membuat mereka sukses berkarier dan membangun keluarga baru di negara orang.

Artikel Asli

News Feed