Ingat Foto Punk Jokowi? Bawa Keberuntungan dan Berkah Bagi Pekerja Seni Ini

Motifviral.com – Ingat foto punk Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sempat viral di media sosial? Ya, foto yang merupakan karya dari desainer grafis Agan Harahap itu, kini telah dipamerkan di Berlin, Jerman.

Foto pameran itupun dibagikan oleh Agan Harahap lewat akun instagramnya. Di foto pertama, tampak foto Presiden Jokowi dengan rambut ala anak punk ditempelkan di tembok dari lokasi pameran. Tampak cahaya lampu senter diletakkan, persis di bawah foto tersebut.

“Pameran saya bersama @jimallenabel dan @elizad0uglas di Berlin kemarin sore. Terimakasih untuk @haysinger dan @bibliothekswohnung yang sudah berbaik hati mewujudkan pameran ini,” tulis Agan Harahap, seperti dikutip dari akun media sosialnya pada Senin (24/9/2018).

Agan Harahap pun membagikan foto keduanya. Kali ini ia memposting sebuah capture dari klarifikasi Presiden Jokowi atas foto tersebut.

“My artwork “I Was A Punk Before You!” At ‘Finland’ exhibition in Berlin curatted by the notorious @haysinger. Captured and repost from @mme_kaa. #iwasapunkbeforeyou #jokowi #berlin” tulisnya lagi.

Beberapa waktu lalu Agan Harahap memang sempat membuat geger. Ia membagikan sebuah foto pria muda berpenampilan seperti anak punk. Pada foto tersebut, ia menyisipkan sebuah caption cerita asal usul foto yang mirip dengan Presiden Jokowi itu.

Foto tersebutpun langsung viral di media sosial. Sambil tertawa, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa foto tersebut bukanlah dirinya. Kepala Negara juga membagikan foto anak muda yang tengah berkemah sebagai bentuk pelurusannya. Presiden Jokowi menjelaskan, saat muda dirinya bukanlah anak punk, melainkan anggota pecinta alam.

Kepada media Agan Harahap, menceritakan maksud dari viralnya foto tersebut. Ia mengakui, foto tersebut memang sengaja ia edit dan unggah ke media sosial. Hal tersebut lantaran sebagai bentuk pelajaran bagi masyarakat agar kritis dalam melihat sesuatu di dunia maya. Termasuk foto-foto yang kerap ia edit.

Agan Harahap, selain berprofesi sebagai fotografer dan desain grafis, ia memang terkenal kerap mengedit foto dari tokoh-tokoh ternama. Bukan hanya foto Presiden Jokowi saja, Donald Trump, Angelina Jolie hingga Justin Bieber pun tak luput jadi korban keisengan Agan Harahap.

Meski demikian, karya-karyanya yang kemudian viral di seluruh dunia itu, justru mendapatkan apresiasi dari masyarakat dunia. Tak jarang, karyanya juga masuk media internasional. (DS/zh)

Artikel Asli

News Feed