India Ujicoba Rudal Berkemampuan Nuklir dari Bawah Air

MotifViral
Berita Kocak Unik dan Menggelitik

sumber :http://www.indoforum.org/archive/index.php/t-38169.html

http://img79.imageshack.us/img79/4909/brahmoson9.gif


New Delhi (ANTARA News) – India telah mengembangkan sebuah versi bawah air rudal supersonik BrahMos dalam kerja sama dengan Rusia, kata Menteri Pertahanan India AK Anthony di parlemen, kemarin.

Ia menyatakan bahwa rudal itu telah siap, namun pengujian belum dilakukan karena kapal-kapal selam Angkatan Laut India — jenis HDW Jerman dan Kilo Rusia — tidak memiliki kemampuan untuk meluncurkan rudal-rudal semacam itu.

India telah meminta Rusia meminjamkan kapal selam untuk melakukan peluncuran uji-coba rudal-rudal bawah air BrahMos, kata Kantor Berita PTI mengutip beberapa sumber pertahanan. India juga terbuka bagi pengujian di wilayah perairan Rusia, kata sumber-sumber itu.

Anthony mengatakan, rudal-rudal BrahMos versi kapal dan darat telah bisa digunakan untuk Angkatan Laut dan Angkatan Darat India setelah serangkaian peluncuran uji-coba yang berhasil.

Rudal jelajah BrahMos, yang dinamai sesuai dengan nama Sungai Brahmaputra India dan Moskva Rusia, dikembangkan oleh BrahMos Corporation, sebuah perusahaan patungan antara Organisasi Pengembangan serta Riset Pertahanan India dan NPO Mashinostroeyenia Rusia.

India dan Rusia berencana memproduksi 1.000 rudal BrahMos dalam 10 tahun ini dan hampir 50 persen dari senjata tersebut diperkirakan dijual ke negara-negara lain demikian DPA.(*)

http://www.acig.org/artman/uploads/brahmos5.jpg


India Ujicoba Rudal Berkemampuan Nuklir dari Bawah Air

New Delhi, (Analisa)

India mengujicoba sebuah rudal berkemampunan nuklir yang dirancang untuk diluncurkan dari sebuah kapal selam, dalam sebuah langkah bertujuan memperluas kemampuan India untuk menangkal andaikata terjadi serangan nuklir, kata para pejabat hari Selasa (26/2).

Tidak jelas apakah ujicoba itu berhasil.

€__Kami masih menunggu laporan-laporan dari lokasi ujicoba,€_ kata Jenderal Umang Kapoor, jurubicara Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan yang dikelola pemerintah, pelaksana ujicoba tersebut.

Rudal tersebut mempunyai jarak jangkau 700 kilometer dan diujicoba dari sebuah anjungan bawah permukaan air yang luas di Teluk Benggala. India sedang membuat sebuah kapal selam bertenaga nuklir yang diperkirakan akan memulai ujicoba di laut tahun depan. Kapal selam itu dapat meluncurkan rudal balistik.

Rudal-rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam akan memberi India kemampuan serangan kedua jika senjatanya yang berpangkalan di darat atau udara dilumpuhkan.

Satuan rudal India saat ini termasuk rudal balistik jarak pendek Prithvi, rudal-rudal jarak sedang Agni dan Akash, rudal anti-tank Nag dan rudal supersonik Brahmos, yang dikembangkan secara bersama dengan Rusia. (AP/hr)

www.analisadaily.com

News Feed