Gelar Rapim di Bogor, Menag: Perlu Pemahaman yang Komprehensif

Rapat Pimpinan Kementerian Agama

INFONAWACITA.COM – Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Agama yang digelar tiga hari, 5-7 Desember 2018, langsung dipimpin oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin yang bertempat di Sentul, Bogor.

“Kegiatan ini menjadi tempat refleksi capaian di tahun 2018, sekaligus sebagai titik pijak kita untuk melangkah di 2019,” ujar Menag mengawali Rapim yang ketiga pada Rabu, (5/12/2018).

Menurutnya, ia sengaja memperluas peserta Rapim yang biasanya hanya diikuti oleh pejabat eselon I. “Sengaja pada Rapim kali ini kita sertakan pejabat eselon II, para sekretaris dari unit eselon I maupun beberapa kepada biro, karena disini menjaid tempat untuk internalisasi terkait program Kementerian Agama,” ujar Lukman.

Lukman berharap, dengan hadirnya dalam Rapim, pejabat eselon I dan II dapat memiliki pemahaman yang komprehensif terkait isu-isu yang berkembang di Kementerian Agama.

“Kemenag akan seperti apa ke depan, tergantung dari saudara yang ada diruangan ini. Maka, perlu pemahaman yang komprehensif,” tambahnya.

Empat agenda yang dibahas

Selain itu, Sekretaris Jendral Kemenag, M. Nur Kholis Setiawan menjelaskan bahwa dalam Rapim akan dibahas empat agenda.

Pertama terkait dengan serapan anggaran masing-masing unit eselon I. Kedua, laporan capaian kinerja berdasarkan Indikator Kinerja Utama (IKU), seperti yang dilansir dari Kemenag.go.id.

“Ketiga, tindak lanjut dari Rakernas pada Januari 2018, dan keempat akan dibahas tindak lanjut kesepakatan Prambanan pada Juli 2018 (rapim sebelumnya),” lanjut Nur Kholis.

Pada Sesi pertama kegiatan, masing-masing unit eselon I mendapat kesempatan 10 menit untuk menjelaskan capaian kinerjanya. Sesi penjelasan tersebut berjalan selama lebih dari 3 jam. Dalam sesi tersebut, Menteri Agama, Lukman tampak antusias untuk memperhatikan paparan serta memberikan arahan kepada masing-masing 11 unit eselon I di Kementerian Agama.

Artikel Asli

News Feed