Connect with us

Info

Film Wajib Tonton Tahun 2018 ! Mulai Dari Film Festival Hingga Film Box Office

Tahun 2018 memang bisa dibilang tahun dimana film-film bagus bermunculan dan mencetak rekor. Mulai dari film blockbuster hingga festival / oscar oriented yang luar biasa (bukan hanya ‘bagus’) banyak dikeluarkan di tahun ini. Sebut saja film Infinity War yang mencetak rekor box office dimana-mana, bahkan telah mencapai pemasukan U$ 2B, yang mana merupakan rekor terbesar dari kerjasama Disney dan Marvel Studios.

Selain itu, ada juga beberapa film lainnya, sebut saja Hereditary, yang merupakan film horror-psychological yang berkelas, dimana mengandalkan sisi cerita dan sinematografi yang mewah, membuat film horror nampak berkelas jika dibandingkan beberapa tahun belakangan yang hanya mengandalkan sisijumpscare. Bahkan, pasca nonton film ini, saya pun masih kepikiran dan terbawa suasana, karena film ini benar-benar mempengaruhi sisi psikis diri kita.

Lalu, kira-kira selain dari dua film diatas, apalagi ya film yang patut kita tonton di tahun ini ? Eits, tapi tunggu dulu. Saya gak akan membahas semua film dari awal tahun hingga penghujung tahun yang patut ditonton ya. Tapi saya akan membahas upcoming / on show movies alias film yang akan tayang / sedang tayang yang patut ditonton. Dan, film yang saya rekomendasikan bukan sembarang film ya, tapi film yang bagus, atau bahkan luar biasa (great, lebih bagus dari ‘bagus’). Jadi, film-film seperti The NunMile 22SlendermanThe Meg, dan film-film dissapoint lainnya gabakal masuk list ini yaa.

Mulai dari film festival / oscar oriented, hingga box office oriented bakal saya kasih deh list-nya, sekalian Official Thread-nya yang ada di Forum Movies juga, biar kalian yang tertarik sama film itu bisa mampir langsung ke Official Thread-nya untuk melihat info lebih detail tentang filmnya. Lalu, apa sajakah film-film yang bakal direkomendasikan ? Mari kita langsung simak saja dibawah !

FESTIVAL ORIENTED

The Sisters Brothers

Di list pertama, ada film The Sisters Brother yang merupakan film western-comedy dan dibintangi oleh beberapa cast terkenal, seperti ; Joaquin Phoenix, John C. Reilly, Jake Gyllenhaal, Riz Ahmed. Plot / jalan cerita film ini hampir mirip lah dengan film True Gift, yaitu tentang kejar-kejaran.

FYI, film ini mendapatkan sambutan yang luar biasa di ‘Venice Film Festival’, bahkan film ini memenangkan awards untuk kategori Best Director yang dimenangkan oleh sang sutradara, Jacques Audiard. Selain itu, film ini bahkan mendapatkan standing ovation oleh seluruh audience saat di ‘Venice Film Festival’.

Release Date
21 September 2018 (USA)

The Favourite

Di list kedua, ada film biopik Queen Anne yang terlupakan, diambil berdasarkan sejarah di Inggris sana pada awal abad ke-18. Film yang menampilkan beberapa cast cantik seperti Emma Stone, Rachel Weisz, Olivia Colman ini menceritakan tentang hubungan cinta yang intens, antara Queen Anne dan sang penasihat, Sarah Churchill.

Ya, film ini menampilkan hubungan cinta sesama jenis antara sang ratu dan sang penasihat (meskipun belum diketahui seberapa eksplisit kah penyampaiannya). Film ini meraih 6 nominasi di ajang ‘Venice Film Festival’ dan memenangkan 2 diantaranya.

Release Date
23 November, 2018 (USA)

Roma

Inilah film yang memenangkan Golden Lion (film terbaik) di ‘Venice Film Festival’ dan memenangkan ‘main prize’. Ya iyadong, wong sutradara-nya masterAlfonso Cuarón (FYI, dia sutradara film GravityChildren of Men, dan telah membawa piala Oscar tahun 2014 lalu).

Film ini mengkisahkan tentang kehidupan keluarga menengah di Mexico pada awal tahun 1970-an. Film yang dibawakan dengan efek hitam-putih yang kental ini berhasil membuat banyak kritikus, juri, dan audience mengapresiasi karya Alfonso Cuarón ini.

Release Date
14 December 2018 (USA)

A Star Is Born

Familiar sama mukanya ? Ia adalah Lady Gaga dan Bradley Cooper yang bermain di sebuah film drama kehidupan ini. What !? Lady Gaga main di film drama ? Yup, bersama Bradley Cooper dan akan ber-romantis ria bersama Bradley Cooper. Film ini menceritakan tentang petualangan seorang penyanyi yang akhirnya bertemu dengan soulmate-nya yang merupakan sosok artis yang sedang struggling dengan hidupnya.

Dari trailernya, chemistry yang terjalin antara Lady Gaga dengan Bradley Cooper sangat kelihatan sekali dan manis dipandang. Bahkan saya sampai merinding sendiri ngeliat trailernya (padahal bukan film horror). Bahkan, film ini dipuji abis-abisan di ‘Toronto Film Festival’ dan mendapatkan rating yang cukup tinggi dari berbagai situs.

Release Date
4 October, 2018 (Germany)

BOX OFFICE ORIENTED

Crazy Rich Asians

Mari kita buka list box office oriented dengan film Asia yang fenomenal ini ; Crazy Rich Asians telah menjadi film yang memukau, bahkan telah menduduki peringkat pertama box office di Amerika Serikat sana, mengkudeta Mile 22 dan The Meg yang sebelumnya berada di urutan pertama. Film ini sangat bersinar banget dan laku keras sejak minggu pertama dengan mengantongi U$ 35 Juta. Bahkan, ada rumour bahwa film ini akan segera dibuatkan sequelnya.

Kisah film ini sebenernya mirip-mirip lah sama FTV (i’m not joking), dikarenakan film ini mengkisahkan hubungan percintaan antara Si Kaya dengan Si Miskin, formula yang sering dipake di FTV kita. Well, saya jadi yakin kalau seandainya Indonesia ngebuat film seperti itu dengan pasar Amerika Serikat, mungkin bisa dipuji sana-sini seperti Crazy Rich Asians ya ?

Release Date
On Show (Indonesia)

Venom

We are Venom. Merupakan salah satu film spin-off dari SpidermanTom Hardy, Riz Ahmed, Michelle Williams, Woody Harrelson adalah beberapa cast yang ikut andil dalam film Venom ini. Tom Hardy, yang merupakan sosok aktor kawakan dan sudah teruji kualitasnya, akan memerankan sosok Eddie Brock, yang merupakan tempat bersarang-nya symbiote bernama Venom.

Film ini sendiri mengisahkan penemuan beberapa symbiote yang berasal dari meteor, kemudian salah satu symbiote melekat di tubuh Eddie Brock. Selain itu, film ini juga akan menceritakan Venom (yang selama ini kita tahu merupakan villain), akan berubah menjadi sosok antihero dan berjuang untuk menyelamatkan dunia dari ancaman symbiote lain.

Release Date
4 October 2018 (Brazil)

Bad Times at the El Royale

Film yang bergenre drama-thriller ini akan menjejerkan beberapa cast ternama seperti Chris Hemsworth, Jeff Bridges, Dakota Johnson. Jadi, buat para Dakota Johnson lovers bisa klimaks lah nonton film ini setelah film Suspiria gabisa tayang di Indonesia dikarenakan terlalu “frontal”.

Film ini menceritakan tentang 7 orang asing, dengan masing-masing rahasianya, berada di sebuah hotel terpencil yang punya masa lalu kelam. Dan akan terjadi satu malam dimana malam tersebut akan menjadi malam penebusan (pembunuhan), dan masing-masing dari mereka harus survive. Diliat dari trailer-nya, ini film artsy banget ya, gila editornya itu maknyus abis trailernya.

Release Date
12 October 2018 (USA)

Bohemian Rhapsody

Coba, disini ada yang ngefans sama band legendaris Queen ? Ada yang suka dengerin “We Are The Champions”-nya Queen berkali-kali ? Maka kalian wajib nonton salah satu film biopik vokalis Queen yang fenomenal, Freddie Mercury. Adalah Rami Malek yang didapuk berperan sebagai Freddie Mercury. Kabarnya,Robert DeNiro juga ikut andil sebagai produser. Gila, bener-bener merinding banget liat Rami Malek totalitas begini, jongosnya ituloh mirip banget sama mendiang. Apalagi kalo udah liat trailernya, merindingnya naik.

Film ini juga mungkin akan menceritakan orientasi bisexual-nya Freddie Mercury, dimana ia mempunyai satu pacar cowok dan satu pacar cewek, dan saat meninggalnya pun ia ditemani oleh keduanya. Overall, film ini bagus untuk dibuat, karena generasi millenial zaman now banyak yang kurang tahu sejarah musisi legend ini. Dengan approach lewat media film seperti ini, merupakan langkah bagus untuk mengenang salah satu musisi legend yang fenomenal, yang tiap lirik lagu mempunyai makna implisit tersendiri.

Release Date
24 October 2018 (UK)

First Man

Next, setelah film biopik Freddie Mercury, selanjutnya ada film biopik Neil Armstrong, manusia pertama yang menginjak bulan. Adalah Ryan Gosling yang akan berperan menjadi Neil Armstrong. Dengan sutradara, sinematografer, dan komposer reunian La La Land, seperti Damien Chazelle (Director), Linus Sandgren(Cinematographer), dan Justin Hurwitz (Komposer) diharapkan bisa membuat film biopik ini sesuai ekspektasi (atau bahkan melebihi ekspektasi).

Meskipun film ini termasuk Oscar Oriented juga, tapi film ini diprediksi bakal menjadi film yang laku di pasaran dan (mungkin) akan menjadi raja box office of the month, mengingat beberapa orang yang ikut andil dalam film ini merupakan orang-oranh yang sudah teruji, bisa menarik minat para viewers untuk menonton film ini. BTW, terlepas dari filmnya, mau nanya “beneran” atau “konspirasi” perihal Neil Armstrong ke bulan ini ?

Release Date
11 October 2018 (Germany)

Fantastic Beasts : The Crimes of Grindelwald

Ini dia spin-off dari film Harry Potter yang udah terkenal banget. Sequel dari Fantastic Beast pertama ini akan menampilkan sosok Grindelwald, yang konon merupakan sosok penyihir hitam.paling ditakuti sebelum era Voldemort. Dengan cast nama besar seperti Eddie Redmayne, Johnny Depp, Jude Law, Ezra Miller, Katherine Watherson, dan Zoë Kravitz diharapkan mampu melebihi pencapaian film pertamanya.

Jalan cerita film ini bisa dibilang lumayan menarik, karena akan mengisahkan sosok Dumbledore dan Grindelwald yang sebelumnya adalah teman dekat, kemudian menjadi musuh sejati dikarenakan perbedaan idealisme yang dianut. Disini juga kita tidak akan melihat black vs white, tetapi grey vs grey, dikarenakan Grindelwald bukan seseorang yang “murni jahat”, begitupun sebaliknya, Dumbledore bukan seseorang yang “murni baik”. Patut ditunggu.

Release Date
16 November 2018 (USA)

Alita : Battle Angel

Film yang bakal dirilis di penghujung tahun ini sudah hype banget di seluruh dunia. Gimana enggak hype, wong sepuh perfilman macem James Cameronturun gunung. Bahkan, kabarnya sepuh Cameron butuh nunggu selama satu dekade lebih untuk merealisasikan film ini, dikarenakan sebelumnya sibuk untuk proyek film seperti Avatar, dsb. Tapi, ada kekeliruan nih dari para viewers, karena banyak yang menganggap bahwa James Cameron adalah sutradara film ini yang keliru. Nyatanya, James Cameron hanya duduk di kursi produser, sedangkan sutradara film ini adalah Robert Rodriguez (salah satu sutradara ternama yang menjadi teman dekat Quentin Tarantino).

Menariknya, tiap film yang disutradarai Robert Rodriguez memang selalu mengalami kekeliuran oleh para penonton. Sebelumnya, film Dusk Till Dawn karya Robert Rodriguez juga telah mengalami kekeliuran karena banyak penonton yang menganggap bahwa itu film Quentin Tarantino. BTW, film Alita : Battle Angelini sendiri diambil berdasarkan buku manga yang ceritanya lumayan kompleks. Wow, saya suka nih kompleksitas dalam sebuah film, fix masuk watchlist ini.

Release Date
21 December 2018 (USA)

Aquaman

Last, ada film superhero yang digadang-gadang akan menjadi titik bangkitnya DC Universe, yaitu Aquaman yang merupakan film superhero pertama yang mengambil setting di bawah laut. Menggaet sutradara ternama yang punya track record bagus seperti James Wan, dilanjutkan dengan cast seperti Jason Momoa, Amber Heard, Patrick Wilson, Willem Dafoe, hingga sang MILF Nicole Kidman diharapkan mampu membuat film ini menjadi titik awal kebangkitan DC Universe.

Dari hasil screening sendiri, film ini akan menjadi film “bagus”, dan diprediksi mampu mengulangi kesuksesan film Wonder Woman di tahun lalu. Film ini sendiri bercerita tentang perjalanan hidup sosok Arthur Curry (Aquaman) dari masa kecil hingga beranjak dewasa, dan perebutan tahta antara adik tiri-nya dengan dirinya, juga akan membawa isu pencemaran lingkungan seperti ‘limbah di laut’ (dikarenakan adik tiri-nya ingin memulai perang dengan manusia dikarenakan manusia selalu mencemari laut). Lumayan menarik sekali jika membawa unsur pencemaran lingkungan seperti itu. Well, kita tunggu film ini sebagai film superhero di penghujung tahun ya.

Release Date
14 December 2018 (UK)

Continue Reading
Advertisement
Comments

More in Info

To Top
close
/* */