Fakta Nyata Burung Merpati Bisa Mengirim Surat, Aksinya Membuat Heran Banyak Orang, WAJIB BACA


Burung merpati via naviri.org

Merupakan anugerah yang luar biasa diberikan Allah SWT kepada burung merpati ini, hingga membuat banyak orang kagum.

Burung merpati terkenal akan kesan kasih sayang dan kesuciannya. Ada yang menggunakannya sebagai simbol kesetiaan kepada kekasihnya, dulu burung merpati juga digunakan untuk mengirim surat.


Kenapa burung merpati bisa mengirim surat? Karena burung merpati merupakan salah satu jenis burung yang cukup pintar, memiliki daya ingat yang kuat, kemampuan navigasi, dan memiliki naluri alamiah yang dapat kembali ke sarang meskipun sudah pergi dengan jarak yang jauh dan waktu yang lama, sehingga surat yang disampaikan pasti sampai di tujuan atau sangat kecil kemungkinan surat tersebut nyasar.

Merpati merupakan seekor burung yang berkeliaran di sekitar kita, bahkan sampai dipelihara oleh penyuka burung, perawatannya juga sangat mudah. ada juga yang menyebut bahwa burung merpati itu sama dengan burung dara. Pertanyaannya apakah burung merpati dan burung dara sama?

Burung merpati dan burung dara termasuk  dalam famili Columbidae atau burung berparuh merpati dari ordo Columbiformes. Oleh karena itu penyebutan burung dara dan merpati bagi istilah umum dimasyarakat tidak ada bedanya. Jadi burung dara adalah sinonim dari burung merpati.

Burung merpati adalah burung yang sering dipilih sebagai hewan peliharaan. Ada beberapa fakta unik seputar merpati yang penting untuk Anda ketahui, ada juga burung merpati unggulan. Anda harus bisa memilih burung merpati yang berkualitas, biasanya ciri-ciri burung merpati unggulan dilihat dari bentuk kepala, paruh, mata dan bulunya.


Burung merpati dara via vebma.com

Apa saja jenis burung merpati? Apa saja manfaat burung merpati bagi kegiatan manusia? Burung merpati berkembang biak dengan cara? Temukan jawaban dari pertanyaan tersebut dibawah ini.

Jenis Burung Merpati

Ada banyak sekali jenis burung merpati, untuk membedakan jenis burung merpati bisa dilihat dari warna bulunya. Langsung saja dibawah ini merupakan jenis-jenis burung merpati.

1. Merpati Batu
Burung Merpati batu dengan nama latin Columba livia termasuk jenis burung yang sangat dekat dengan manusia. Jenis burung dara ini mudah ditemukan, baik itu di sekitar lingkungan, pusat keramaian ataupun di wilayah publik.

2. Merpati Hias Indian Fantail
Burung ini termasuk merpati hias yang paling banyak dan juga populer pada kalangan masyarakat umum. Mulanya jenis merpati kipas ini dijumpai di india.

3. Merpati Modena
Nama burung merpati ini diambil dari nama kota tempat asalnya. Populer sebagai merpati ternak yang baik. Dan juga terkenal dari jenis ini yakni Gazzi Modena dengan warna badan putih dan juga kepala, sayap serta ekor berwarna-warni.

4. Jacobin Pegeon
Jacobin merupakan sejenis burung merpati hias yang dikembangbiakkan melalui perkembangbiakan yang terpilih. Jenis burung dara hias yang ini mungkin belum populer di negara kita ini. Jadi kita juga jarang menjumpai di pelihara oleh pecinta burung.

Sebelum membahas manfaatnya, kita juga harus mengetahui fungsi dari burung merpati, fungsinya adalah untuk mengirim surat, burung ini telah dikenal baik dalam golongan militer yang berperan mengirimkan pesan tertulis layaknya tukang pos. Bukan hanya kecerdasannya yang membanggakan. Daging merpati pun banyak dipilih orang untuk dijadikan masakan.


Fakta burung merpati via u-channel.tv

Manfaat Burung Merpati

Sudah tahu manfaat dan fakta unik dari burung merpati juga. Dibawah ini merupakan manfaat dan fakta dari burung merpati yang harus Anda ketahui.

1. Sebagai hewan peliharaan
Burung merpati telah menjadi hewan peliharaan yang telah dikenal sejak ribuan tahun silam. Hal ini telihat pada gambar di museum di Negara Irak pada tahun 3000 sebelum masehi.

2. Kotorannya dapat digunakan sebagai pupuk
Kotoran burung merpati dapat digunakan sebagai pupuk alami yang dapat menyuburkan tanaman. Bahkan konon kualitas pupuk kotoran burung merpati ini lebih baik jika dibandingkan dengan pupuk kandang lain.

3. Sebagai pengirim pesan
Burung merpati telah dimanfaatkan sebagai pengirim pesan sejak abad ke-5 sebelum masehi di Negara Suriah dan Persia. Dikarenakan kecerdasannya, mengirim pesan menggunakan merpati konon lebih disukai daripada menggunakan kuda.

4. Sebagai pahlawan saat peperangan
Pada saat PD I dan PD II, burung merpati menjadi pahlawan peperangan untuk membawakan pesan sampai pada garis batas dan juga dapat menyelamatkan nyawa ketika perang. Bahkan, merpati dapat menghindari peluru dan gas beracun untuk dapat sampai ke rumah.

Selain kelebihan di atas, burung merpati memiliki daging yang sering dijadikan sebagai masakan dengan citarasa yang lezat. Sebagai informasi, ternyata konsumsi daging merpati ini memberikan khasiat tertentu yang berguna bagi tubuh kita dikarenakan kandungan nutrisi di dalamnya.

5. Kandungan Gizi Burung Merpati
Daging burung merpati memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi yang berguna bagi tubuh. Dalam daging merpati, terdapat protein sebanyak 35,8% lebih tinggi apabila dibandingkan dengan ayam (20%), sapi (19,2%) maupun burung puyuh (21,1%). Dalam 100 gram merpati, terdapat setidaknya 129 kalori; 3,35 gram lemak, 5 mg kalsium dan 2,5 mg zat besi.

Burung merpati berkembangbiak dengan cara bertelur, artinya burung merpati mengalami perkembangbiakan secara generatif, karena hasil telur itu dari perkawinan antara burung jantan dan betina, perkembangbiakan dengan bertelur di sebut juga ovipar.

Demikian informasi mengenai fakta burung merpati ini bisa kami sampaikan, banyak sekali pengetahuan baru yang dapat kita ambil dari informasi ini. Jadi, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda.

Artikel Asli

News Feed