Disebut Komika Kontroversial, Begini Perjuangan Muslim dan Coki di Dunia Hiburan Indonesia

Para penikmat komedi, stand-up atau sering berseluncur di Youtube Indonesia tentu tau dong dengan channel Majelis Lucu Indonesia alias MLI? Dua di antara personelnya yang paling terkenal adalah Aditya Muslim atau kerap disapa Tretan Muslim serta Reza Pardede yang dikenal dengan nama panggung Coki. Cara keduanya mengemas komedi diakui netizen memang lucu dan mengundang tawa, tapi enggak alay.

Namun, belakangan ini keduanya tersandung beberapa kasus yang disebut menyinggung agama. Tak heran jika beberapa hari Muslim dan Coki tak muncul di channel kesayangan Umat Lucu –fans MLI, karena menjadi ‘buronan’ netizen. Akun mereka juga diserbu dengan komentar yang pedas. Lha, di balik sosok yang sekarang jadi pembicaraan ini, ternyata karier mereka juga enggak mulus kok Sahabat. Bisa kalian baca dari uraian Boombastis.com berikut.

Melejit melalui Stand Up Comedi Indonesia

Muslim dan Coki adalah alumni Stand Up Comedy. Hanya saja keduanya melejit di musim berbeda. Muslim adalah salah satu kontestan Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim ke-3 (SUCI 3) pada tahun 2013. Dirinya yang berasal dari Madura punya ciri khas tersendiri dalam membawakan materi stand up, biasanya enggak jauh-jauh dari keunikan daerahnya yaitu Madura. Punchline yang digunakan juga enggak garing dan berhasil membuat pleno ton tertawa. Salah satu tagline yang paling bisa diingat dari muslim adalah Aseloleee…joss!!. sayang, Muslim hanya bertahan dan tergeser di 6 besar.

Coki dan Muslim stand up [Sumber gambar]

Sedangkan Coki, sama seperti Muslim, ia merupakan seorang pelawak tunggal yang terkenal lewat ajang pencarian bakat Stand Up Comedy Indonesia Season 4 (2014) yang diselenggarakan oleh Kompas TV serta Stand Up Comedy Academy 2 yang diselenggarakan Indosiar. Sebelum masuk ke panggung komedi Indonesia, pria berusia 30 tahun ini merupakan penyiar di Oz Radio 90.8 FM Jakarta. Namun, di SUCI 4 dirinya harus terhenti di 7 besar. Sedangkan di SUCA 2, Coki bertahan sampai 9 besar.

Membentuk Majelis Lucu Indonesia (MLI) bersama komika lain

Mungkin MLI identik dengan Coki dan Muslim saja, namun sebenarnya ia didirikan oleh beberapa orang termasuk Anantarispo serta komikus lain. Walaupun awalnya berdiri secara tidak sengaja, melalui MLI mereka menyebutnya dirinya kelompok yang menilai standar kelucuan yang ada di Indonesia saat ini atau hakim komedi Indonesia. Semua yang ada di MLI memang sering memancing gelak tawa para netizen, apalagi kalau yang muncul adalah Muslim dan Coki, walau kadang guyonan mereka memang sarkas dan makjleb di hati.

Sehingga banyak dari mereka yang tak terima dan menilai guyonan keduanya enggak berbobot. Tak heran, netizen menyerang kedua sosok ini di Instagram mereka masing-masing. Namun, alih-alih kapok, keduanya mengaku sudah biasa mendapat serangan dari para warganet.

Berseteru dengan Atta Halilintar

Perseteruan ini dimulai ketika Youtuber Atta Halilintar mengunggah video prank: Gold Digger atau cewe matre di kanal miliknya. Dalam video tersebut Atta menyamar untuk menguji kesetiaan seorang perempuan jika melihat pria kaya. Karena video tersebut, melalui MLI, Coki dan Muslim buka suara dan membuat video dengan judul ‘Debat Kusir – Atta Halilintar Tidak Bersalah!!!’. Keduanya kemudian menganggap jika apa yang Atta lakukan tidak mendidik dan sudah masuk ke dalam ranah penipuan.

Tak hanya video prank, Coki dan Muslim juga membahas perihal M&G yang dilakukan di masjid Cut Meutia, Jakarta Pusat. Hal tersebut membuat Atta memposting video klarifikasi dan  penjelasan terkait prank dan juga Meet Ana Greet yang pernah ia lakukan. Masalah masih berlanjut karena MLI kembali mengunggah video balasan yang menyebutkan bahwa klarifikasi Atta malah membuat netizen tambah puyeng alias enggak ada pencerahan. Setelahnya Atta mengunggah sebuah Musi Diss Track yang membuat MLI tambah geram dan lagi-lagi membahas Atta Halilintar.

Disebut komika kontroversial setelah memasak daging babi kurma

Berita inilah yang sedang menjadi pembicaraan di mana-mana. Melalui channel Youtube Tretan Universe, dalam episode Last Hope Kitchen, Muslim mengajak Coki menjadi bintang tamu dan memasak puding babi kurma –video aslinya sudah dihapus. Video tersebutlah membuat banyak orang murka, termasuk akun-akun di Instagram yang menyebut jika keduanya telah melecehkan dan menjadikan agama sebagai bahan guyonan.

Setelah dikejar habis-habisan oleh netizen, keduanya meminta maaf disertai dengan pernyataan bahwa mereka tidak bermaksud untuk menyinggung agama manapun. Bahkan, kejadian ini juga menyeret keluarga mereka yang diancam oleh netizen. Jadi, langka yang paling aman adalah mereka menyatakan mundur dari MLI sekaligus panggung komedi Indonesia.

Ada banyak sekali netizen yang menyayangkan tindakan keduanya, termasuk sosok @radenrauf. Menurut para netizen, jati diri MLI ada pada Coki dan Muslim. Apa jadinya kalau dua sosok paling penting tersebut undur diri. Bahkan sebagian netizen masih berharap di ujung video ada punchline ‘tapi bohonggg’.

Artikel Asli

News Feed