Diresmikan Presiden Jokowi, Hari Ini Tol Terpanjang RI Mulai Beroperasi

Pagi tadi, Jumat (8/3/2019),  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan salah satu ruas Tol Trans-Sumatera yaitu Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter). Yap, Ruas tol ini akan jadi Tol terpanjang di seluruh penjuru negeri, sebab memiliki panjang 140,7 km.

Dilansir dari detik.com, Presiden Joko Widodo meresmikan tol tersebut pada pukul 09.00 WIB di Gerbang Tol Natar. Beliau didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil.

Jalan Tol ini jadi jalan bebas hambatan terpanjang yang pernah diresmikan Jokowi selama dirinya menjabat sebagai presiden hingga saat ini.

“Hari ini akan kita resmikan ruas tol terpanjang yang pernah saya resmikan, 140 km. Ini babak pertama yang kita resmikan,” kata Jokowi dalam sambutannya.

Tol Bakauheni-Terbanggi terdiri dari Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo, Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru, Paket 3 Kotabaru-Metro dan Paket 4 Metro-Terbanggi Besar. Hari ini, setelah diresmikan Jokowi tol tersebut beroperasi secara penuh. Tersambungnya tol ini diharapkan memberi dampak positif pada aktivitas dan mobilitas masyarakat di Pulau Sumatera, dan memperlancar arus logistik dengan waktu tempuh yang lebih singkat dan biaya yang juga bisa lebih ditekan.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim saya resmikan tol Bakauheni-Terbanggi Besar,” Tutur Presiden sembari meresmikan.

Artikel Asli

News Feed