Dianggap Pertanda Kiamat, Beginilah Fakta Kemunculan Empat Matahari di Kepulauan Riau

Indonesia dikejutkan dengan fenomena alam yang jarang atau bahkan tidak pernah terlihat di langit negara kita. Adalah munculnya empat matahari secara bersamaan di langit Kepulauan Riau. Hal ini pun membuat hampir seluruh warga di sana mengabadikan momen yang sangat cantik tersebut.

Tapi, banyak dari para netizen menganggap kalau ini adalah isyarat alam. Bahkan ada juga yang berpendapat jika fenomena tersebut merupakan sebuah pertanda bahwa kiamat semakin dekat. Namun sayangnya, hal ini langsung ditepis oleh beberapa ahli nih Sahabat Boombastis. Sebab, fenomena tersebut memang ada di dunia namun jarang terjadi di Indonesia.

Fenomenanya bernama sun dogs

Munculnya empat matahari yang menggegerkan warga Kepulauan Riau tersebut sebenarnya bukan hal mengejutkan. Nama dari kejadian alam ini adalah sun dogs atau bisa disebut dengan Mock Sun dan juga Phantom Sun. Diakui oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), jika fenomena alamiah ini biasa terjadi, namun jarang sekali dijumpai di langit Indonesia.

Dilansir dari cnnindonesia.com, jika sun dogs merupakan fenomena optik yang menampakkan titik-titik terang di langit dan seringnya pada cincin halo di sekeliling matahari. Penjelasan lebih sederhananya sih, fenomena ini akan memunculkan cahaya matahari tambahan.

Lalu, bagaimana sun dogs bisa tercipta?

Mungkin banyak dari Sahabat Boombastis yang heran mengapa fenomena cantik ini bisa terjadi. Nah, dikutip dari laman skyandtelescope.com, sun dogs tercipta ketika cahaya matahari menembus sekumpulan lempeng kristal es yang berbentuk hexagonal. Lalu, untuk lempeng kristal es tersebut biasanya tersusun secara horizontal di awan yang letaknya sangat tinggi (cirrus).

Terciptanya sun dogs [Sumber Gambar]

Lempengan kristal tadi berfungsi sebagai prisma yang membelokkan cahaya dengan sudut minimal 22 derajat. Kalau kristal tadi menghasilkan cahaya yang acak, maka lingkaran di sekeliling matahari akan terlihat dan itu bernama halo. Namun, jika yang terjadi malah sebaliknya, maka cahaya matahari akan terbiaskan secara mendatar dan hasilnya adalah sun dogs ini.

Mengapa fenomena sun dogs sangat langka?

Bagi orang awam seperti kita, sun dogs termasuk fenomena langka. Di mana Indonesia sepertinya baru kali ini mengalami kemunculan empat matahari di langit. Tapi, menurut beberapa ahli, sun dogs langka karena ada penjelasan ilmiahnya. Sebagaimana penjelasan yang dikutip dari laman tempo.co.

Sun dogs sangat langka [Sumber Gambar]

Jika sebetulnya sun dogs terjadi di dekat ufuk langit dan disertai dengan kondisi atmosferik yang sangat langka. Selain itu, terdapat kondisi yang sangat dingin pada bagian awan tinggi di sekitar wilayah tersebut Sahabat Boombastis. Maka dari itu, fenomena ini tidak sering terjadi, apalagi di Indonesia.

Sun dogs tidak berbahaya bagi penglihatan manusia

Sun dogs ternyata tidak membahayakan penglihatan mata seseorang lho Sahabat Boombastis. Dilansir dari laman skyandtelescope.com, kita bisa melihatnya dengan mata telanjang. Hal ini berbeda dengan fenomena gerhana yang mengharuskan kita untuk menggunakan kacamata khusus jika ingin melihatnya.

Aman bagi penglihatan manusia [Sumber Gambar]

Sehingga kalian bisa dengan bebas untuk melihatnya. Bahkan, fenomena alam unik satu ini cocok untuk para pecinta fotografi. Apalagi jika sun dogs ini diiringi dengan parhelic circle. Sun dogs akan terlihat lebih indah dan tidak hanya sekedar jajaran cahaya matahari saja.

Sun dogs juga terjadi di beberapa negara ini

Bukan hanya di Indonesia, sun dogs juga muncul di beberapa negara. Bahkan, di beberapa negara, sun dogs terlihat sangat jelas lantaran muncul di tempat yang tidak ada penghalang sama sekali. Seperti lapangan ataupun pegunungan. Nah, negara yang beruntung adalah Rusia. Yap, pada tahun 2016, di Rusia, tepatnya di Kota Tyumen, sun dogs hadir dengan tiga matahari. Pada saat itu, Kota Tyumen mengalami suhu dingin sekitar minus 20 derajat celcius.

Sun dogs di Kanada [Sumber Gambar]

Selain itu, Kanada juga pernah menjadi negara yang disambangi oleh sun dogs. Sama seperti Indonesia, matahari yang muncul pada saat itu adalah empat. Bahkan, mataharinya tertata begitu cantik karena biasan cahayanya terbentuk dari atas ke bawah. Fenomena tersebut diabadikan oleh seorang fotografer yang bernama Brent McKean.

Melihat penjelasan ilmiah dari kemunculan empat matahari di Riau ini sudah menjelaskan sesuatu. Bahwa fenomena tersebut murni dari kejadian alam. Bukan karena pertanda dari datangnya kiamat Sahabat Boombastis. Jadi, sebelum mengeluarkan pendapat, lebih baik cari dulu kebenarannya ya.

Artikel Asli

News Feed