Denni Puspa Purbasari: Rupiah Melemah adalah Konsekuensi Logis

TRIBUNWOW.COM – Deputi Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekonomi Strategis Kantor Staf Presiden, Denni Puspa Purbasari memberikan penjelasan terkait dengan gejolak rupiah yang terjadi di Indonesia beberapa hari terakhir.

Dilansir TribunWow.com, hal ini diungkapkan oleh Denni Puspa Purbasari melalui program ‘ROSI’ yang tayang di KompasTV pada Kamis (6/9/2018).

Rupiah Bergejolak, Said Didu: Pemerintah Jangan Memberikan Pernyataan yang Tidak Masuk Akal

Awalnya, Denni Puspa Purbasari menerangkan bahwa pemerintah Indonesia sudah porposional memberi penjelasan terkait gejolak rupiah akhir-akhir ini.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa menurunnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika lebih disebabkan oleh faktor eksternal bukan internal.

“Memang tsunami yang terjadi di pasar keuangan ini lebih disebabkan oleh faktor eksternal yaitu kebijakan dari Federal Reserve yang menaikkan tingkat suku bunga. Ditambah dengan kebijakan fiskal yang sangat ekspansif dari Presiden Amerika Serikat, Donald Trump” Jelas Denni Puspa Purbasari.

Akibat dari kebijakan fiskal ini membuat Amerika mengalami budget deficit yang besar, sehingga AS menjual surat utang kemudian menawarkan suku bunga yang lebih tinggi.

Tanggapi Ancaman Sri Mulyani pada Spekulan, Kwik Kian Gie: Keterangan Menkeu Aneh

Pada saat yang  sama ada dua suku bunga yang bergerak bersama di Amerika dan kedua suku bunga tersebut naik.

Naiknya suku bunga di Amerika mengakibatkan semua uang yang mengalir dari Amerika yang masuk ke emerging market termasuk Indonesia sejak 2008 kembali ke Amerika.

Denni juga menjelaskan bahwa penarikan uang dari Amerika ini terlalu cepat, sehingga terjadi sudden reversal, pembalikan modal asing secara masif ke Amerika.

Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Terus Menurun, Faisal Basri Berikan Beberapa Langkah Taktis

Selain itu juga pemerintah sudah mengatakan berkali-kali bahwa sejak lama masalah kita adalah current account defisit yaitu defisit neraca berjalan.

Artikel Asli

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed