Dengan Nawa Cita Pemerintahan Jokowi Bawa Perubahan, Siswa Perbatasan Kini Bisa Rasakan Kemajuan Teknologi

Motifviral.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merealisasikan intruksi Nawa Cita yang digagas Jokowi-JK. Bentuknya oleh Kemendikbud dengan mendistribusikan sejumlah bantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal).

Bantuan ini diberikan melalui melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom), bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Mendikbud mengatakan bahwa Kemendikbud membangun sekolah 3T dengan berbagai aktivasi.

“Sebagai perwujudan nawa cita, Pak Presiden meminta Kemendikbud membangun Indonesia ini, membangun sekolah sektor pendidikan dari pinggiran. Maka dari itu, Kemendikbud membangun sekolah 3T melalui berbagai aktivasi. Antara lain adalah media kemanfaatan yang berbasis online (daring), media perangkat TIK, dan memberikan pelajaran untuk guru yang mengajar di sekolah-sekolah khusus,” jelasnya seperti dikutip dari keterangan resmi pada Sabtu (22/9/2018).

Ia lanjut menegaskan mengenai komitmen Kemendikbud tentang pemerataan pendidikan yang berkualitas.

“Saya ingin membuat kebijakan di pendidikan kita. Di Papua, di Maluku Utara, dan garis dalam kan perlu ada subsidi. Kalau pendekatan itu tidak segera diubah di sektor pendidikan, maka kita tidak akan mungkin segera menciptakan suasana apa yang diinginkan pemerintah, yaitu pemerataan yang berkualitas. Kita merata sudah, tapi kualitasnya yang belum merata. Tidak hanya merata akses tapi kualitasnya,” ujarnya.

Bantuan TIK yang diberikan terdiri dari perangkat TIK penunjang belajar di kelas. Dimana Kemendikbud membantu untuk peralatan TIK dan softwarenya. Sedangkan Kominfo membantu jaringannya. Pada kesempatan kali ini, Pustekkom juga menghadirkan perwakilan sekolah dari Papua, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur (NTT). (DS/zh)

Artikel Asli

News Feed