Daftar Buah yang Baik dan Buah yang Dilarang Untuk Ibu Hamil, WAJIB BACA


Image Source: parenting.firstcry.com

Buah Untuk Ibu Hamil – Makanan yang baik untuk ibu hamil selalu menjadi perhatian khusus bagi siapapun yang ingin memiliki janin dan bayi yang sehat. Karena jika tidak, akan sangat beresiko tidak baik bagi janin yang di kandungnya.

Salah satunya ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung zat gizi lengkap, terutama buah-buahan, karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh ibu dan janin.

Lalu buah apa saja buah untuk ibu hamil? Jenis buah untuk ibu hamil? Yuk simak dibawah ini.

Buah-Buahan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

1. Pisang


Image Source: pixabay.com
Pisang kaya akan kalium dan menyediakan kalori yang cepat diubah menjadi energi untuk mencegah kelelahan. Kalium sendiri juga dapat membantu menjaga tekanan darah dalam tubuh. Pisang juga mengandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil. Selain itu, pisang mudah untuk dicerna sehingga dapat menjadi alternatif makanan jika ibu hamil sedang mengalami mual dan muntah.

2. Jeruk


Image Source: pixabay.com
Jeruk mempunyai kandungan vitamin C, folat, dan serat. Dan juga hampir 90% kandungannya adalah air sehingga membantu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kandungan folat yang tinggi pada jeruk juga dapat membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin dan mencegah janin lahir cacat.

3. Alpukat


Image Source: pixabay.com
Alpukat kaya akan vitamin B, vitamin C, asam folat, serta kalium. Alpukat dapat membantu mengurangi morning sickness, membantu perkembangan otak, sistem saraf dan jaringan bayi. Namun, alpukat mengandung lemak tinggi, sehingga jika memakannya terlalu banyak dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

4. Mangga 


Image Source: pixabay.com
Mangga mempunyai kandungan kalium, vitamin C, dan vitamin A yang tinggi. Kalium dalam mangga dapat membantu menjaga tekanan darah dan cairan dalam tubuh. Vitamin C sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Sedangkan vitamin A juga berfungsi sebagai antioksidan dan membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan sistem saraf pada bayi.

5. Berry


Image Source: pixabay.com
Buah-buahan berry (blueberrry, strawberry, dan raspberry) mengandung kalium, folat, dan vitamin C yang tinggi. Kalium selain untuk menjaga tekanan darah, juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, transmisi saraf, dan kontraksi otot. Folat dan vitamin C dapat membantu untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Selain itu buah-buahan ini juga mengandung serat yang dapat membantu sistem pencernaan ibu hamil.

Buah-Buahan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Akan tetapi, tidak semua jenis buah-buahan baik dikonsumsi ibu oleh hamil. Ada juga beberapa jenis buah-buahan yang jutsru dilarang untuk ibu hamil. Lalu buah apa saja yang dilarang untuk ibu hamil? 

1. Pepaya


Image Source: pixabay.com
Apakah buah pepaya baik untuk ibu hamil? Jawabannya tidak baik. Karena buah pepaya mempunyai kandungan senyawa yang diketahui cukup berbahaya untuk kehamilan sebab dapat menyebabkan timbulnya kontraksi kehamilan dan juga pelunakan pada jalan lahir. Hal tersebut yang dapat memicu kelahiran prematur pada janin dan bisa menyebabkan keguguran.

2. Nanas


Image Source: pixabay.com
Nanas mempunyai kandungan bromelain yang diketahui cukup berbahaya untuk ibu hamil. Karena kandungan tersebut bisa membuat leher rahim menjadi lunak dan terjadi pembukaan yang bisa menyebabkan kelahiran belum cukup usia, sehingga bisa memicu keguguran.

3. Durian


Image Source: pixabay.com
Durian mempunyai kandungan asam arachidonat serta alkohol yang bisa membahayakan kehamilan. Seperti kelahiran prematur karena kandungan asam arachidonat dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim.

4. Melon


Image Source: pixabay.com
Ibu hamil dianjurkan untuk menghindari konsumsi buah melon terutama yang berjenis melon merah atau cantaluope. Karena kulit luar melon bisa saja tercemar bakteri, khususnya bakteri salmonella yang dapat membuat ibu hamil terancam terkena virus TORCH yang dapat memicu terjadinya kelahiran prematur dan juga cacat pada janin.

Demikian penjelasan diatas buah untuk ibu hamil muda dan buah yang dilarang untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat!

Artikel Asli

News Feed