Cukup 2 Pohon Sawit, Dapur Anda Akan Ngebul Puluhan Tahun

MotifViral
Berita Kocak Unik dan Menggelitik

sumber :http://www.energiterbarukan.net/index.php?option=com_content&task=view&id=185&Itemid=1

pohon sawit
pic: ditjenbun.deptan.go.id


Jakarta – Agaknya masyarakat kurang mampu boleh tersenyum lega karena kini telah ditemukan sebuah inovasi kompor baru berbahan bakar yang praktis dan ekonomis. Apakah itu?


“Tidak ada proses yang macam-macam, cukup dengan buah sawit yang telah dijemur sebelumnya selama 4-5 hari, maka kompor sabut biji sawit ini dapat langsung berfungsi”, ujar Bayu Himawan, staf anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Sosial Budaya, Budhi Santoso, kepada detikcom, Rabu (25/03/2009) dalam diskusi terbatas bertajuk “Peluang Penggunaan Energi Alternatif”.


Selain praktis, penggunaan kompor tersebut juga diperkirakan akan menghemat pengeluaran keluarga.


“Hitung-hitungannya, jika sekali memasak butuh 1 kg buah sawit, maka selama 1 tahun akan dibutuhkan 365 kg. Sedangkan, 1 pohon akan menghasilkan 350 kg. Maka, dengan menanam 2 pohon, kebutuhan sebuah keluarga akan tercukup bahkan sisanya dapat dijual dan menjadi pemasukan keluarga”, jelas pria yang telah melakukan uji coba kompor berbahan bakar sawit di skala UKM Malang.


Ditambahkannya, selain 1 kg buah sawit dapat digunakan hingga 3-4 jam, api yang dihasilkan juga terbukti cukup panas. “Panasnya lebih dari LPG, dan hampir mendekati panas api minyak tanah,” terangnya.


Disinggung mengenai biaya dan pemasaran kompor, Budi mengaku belum sampai ke tahap tersebut. “Kita belum sampai situ tahapannya, sekarang kita masih sosialisasi ke masyarakat, apakah masyarakat sudah bisa menerima serta masih butuh masukan dari masyarakat,” katanya


Budi juga berencana akan melibatkan masyarakat terutama pengrajin kompor dan tanah liat dalam pembuatan dan penyebaran kompor tersebut. Sebagai awal, rencananya proyek pembuatan kompor akan dimulai di Riau dan Malimping yang dekat dengan perkebunan sawit.

(amd/gah)

News Feed