BKN Ajak Pendaftar CPNS 2018 Pilih Instansi yang Sepi Peminat

Liputan6.com, Jakarta – Badan Kepegawaian Negara (BKN) coba mengajak para pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018) untuk memilih beberapa instansi yang sepi peminat.

Adapun bentuk kampanye yang dilakukan yakni merilis data beberapa instansi dengan jumlah pelamar paling sedikit lewat media sosial seperti Facebook ataupun Twitter.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan melaporkan, beberapa instansi yang kini masih sepi peminat antara lain Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) hingga Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam).

“Yang paling rendah sekarang BNPT, dia 171 orang. Kedua BKPM, 212 orang. Ketiga Sekjen (Sekretariat Jenderal) Komisi Yudisial, 219 orang. Terus juga ada Kemenkopolhukam, 233 orang,” sebut dia saat dihubungi Liputan6.com, Senin (8/10/2018).

Menyiasati jumlah pelamar yang sedikit di instansi-instansi ini, dia mengatakan, pihaknya coba mengandalkan media sosial untuk menyebarluaskan informasi ini dan berharap calon pelamar juga mau mendaftarkan diri di tempat tersebut.

Ridwan mengaku, upaya itu terbukti ampuh. “Cara itu ngaruh. Kayak BNPT saja, beberapa hari lalu jumlah pelamarnya masih berapa belas. Sekarang sudah 171 orang,” jelasnya.

BKN memang terbilang gencar untuk mengabarkan beberapa instansi dengan jumlah pelamar sedikit. Seperti yang disuarakan akun Twitter @BKNgoid pada Rabu (3/10/2018), terdapat 5 instansi pusat dengan jumlah pelamar paling rendah di CPNS 2018.

Pada saat itu, Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial menjadi instansi dengan jumlah pelamar paling sepi, yakni hanya enam orang. Kemudian diikuti BNPT (18 orang), Setjen Wantannas (22 orang), BKPM (26 orang), dan Kemenkopolhukam (35 orang).

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Artikel Asli

News Feed