Benjolan di Belakang Telinga, Jangan Disepelekan Sebelum Anda Kenali Penyebab dan Akibatnya, WAJIB BACA


Sumber gambar akupunyeke98


Mencegah lebih baik daripada mengobati.


Jika gejala saja sudah diabaikan jangan harap anda bisa terhindar dari penyakit berbahaya, maka dari itu perlu mengenal dan memahami kondisi seperti ini.


Di belakang alat pendengaran umumnya timbul benjolan berukuran besar atau kecil. Penyebabnya mungkin dapat tipe-macam dari kasus yang ringan sampai yang memerlukan bantuan medis.

Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang menyebabkan benjolan di belakang telinga bisa terjadi.

Infeksi

Ada banyak bakteri dan virus yang bisa menyebabkan infeksi pembengkakan di dalam dan di sekitar leher serta wajah.

Dua infeksi tersebut adalah radang tenggorokan dan mononukleosis infeksiosa yang biasanya disebabkan oleh HIV/AIDS, campak, dan cacar air.

Abses


Sumber gambar sindo-news.blogspot.com

Abses terjadi ketika tubuh melawan bakteri atau virus penyebab infeksi di sel atau jaringan tubuh. Untuk memerangi virus atau bakteri, tubuh kita mengirim sel darah putih ke tempat yang terinfeksi, misalnya di belakang telinga.

Abses yang kecil kemungkinan bisa mengecil, mengering, dan hilang secara alami tanpa pengobatan apa pun. Namun, abses yang lebih besar perlu diobati dengan antibiotik. Nanahnya pun perlu dikeringkan dengan bantuan dokter.

Mastoiditis

Kalau infeksi telinga yang Anda derita tidak diobati, bakteri dari tengah telinga dapat menyebar ke tulang mastoid yang berada di belakang telinga dan menyebabkan mastoiditis. Akibatnya akan timbul benjolan di belakang telinga yang disertai nanah, demam, radang, dan keluarnya cairan dari dalam telinga.

Mastoiditis bisa diobati dengan antibiotik oral, obat tetes telinga, dan pembersihan telinga rutin oleh dokter. Jika pengobatan tersebut tidak berhasil, operasi mungkin diperlukan untuk mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut.

Baca juga:

  1. Sedih Melihat Pengasuh Anak Ini Hanya Memperhatikan Majikannya Makan
  2. Sebelum Ditemukan Alat Pemindai Tulang X-Ray, Al Quran Sudah Menjelaskan Tentang Osteoporosis

Penyebab serius benjolan di belakang telinga kiri

Sebagian benjolan di telinga menonjolkan kondisi yang serius pada kesehatan Anda. Penyebab yang paling seram yakni kanker. 

Umpamanya benjolan yang disebabkan oleh kanker kepala dan leher disertai dengan sakit tenggorokan, susah menelan, dan suara serak. 

Terkadang kanker kelenjar ludah juga bisa mengakibatkan munculnya benjolan di belakang kuping. 

Keadaan ini disebut dengan kanker leher metastatik skuamosa.

Sebab lain

Selain infeksi, beberapa penyebab lain juga dapat menyebabkan benjolan di belakang telinga, diantaranya:

  • Lipoma, benjolan lemak yang tumbuh di antara lapisan kulit. Bisa tumbuh di mana saja, termasuk di belakang telinga dan hampir selalu tidak berbahaya.
  • Jerawat.
  • Kista sebasea, benjolan bukan kanker yang muncul di sekitar kelenjar sebase.

Kebanyakan benjolan di belakang telinga memang cenderung tidak berbahaya, namun akan lebih aman jika Anda segera mendatangi dokter apabila hal tersebut terjadi.

Artikel Asli

News Feed