Beberapa Kisah Kapal Hantu Indonesia yang Masih Jadi Misteri, Salah Satunya Bikin Geger Myanmar

Tidak hanya di darat, kadang di lautan Indonesia punya cerita mistisnya tersendiri. Mulai dari kerajaan air milik ratu Nyi Roro Kidul hingga beberapa pantangan yang tak boleh dilanggar oleh orang-orang di sana. Sebagian ada yang sampai saat ini mempercayainya, namun ada pula yang sudah tidak peduli alias dianggap cerita dongeng saja.

Salah satunya adalah cerita mengenai kapal hantu dari Indonesia yang ternyata ada beberapa kali ditemukan. Mulai dari yang benar-benar hilang tanpa sebab hingga dibiarkan mengambang di laut tanpa sebab yang jelas. Lalu benarkah hal itu? Simak ulasan berikut.

Bikin geger, adanya kapal hantu di Myanmar

Beberapa waktu yang lalu Myanmar sepertinya mengalami kejadian yang tak terduga. Dilansir dari Liputan6, ditemukan sebuah kapal raksasa tak dikenal yang berlabu di perairannya. Namun uniknya lagi setelah didekati ternyata kapal ini sendiri tanpa barang dan awak oleh sebab itu dijuluki kapal hantu.

Ilustrasi kapal hantu [sumber gambar]

Meskipun tidak diketahui dengan jelas siapa pemiliknya, namun adanya bendera Indonesia sepertinya menjadi titik tengah mengenai kapal hantu yang tiba-tiba berlayar ke teritori Myanmar ini. Dan lagi, hal ini adalah yang pertama kali terjadi di sana, dimana kapan tanpa awak dari laut yang jauh tiba-tiba datang berlabuh dan tak diketahui atas tujuan apa.

Meski meminta info dari Indonesia, masih banyak misteri menyelimuti

Pihak Myanmar sendiri menduga pastinya ada alasan tersendiri mengapa kapal ini bisa ditinggalkan begitu saja. Setelah melakukan koordinasi dengan Indonesia, akhirnya diketahui adalah Sam Ratulangi PB 1600 yang benar memang berasal dari Indonesia.

Penampakan Sam Ratulangi PB 1600 [sumber gambar]

Namun masalah alasan mengapa kapal tersebut bisa sampai di sana, tidak ada yang tahu. Usut punya usut, dibuat pada 2001 dan memiliki panjang sekitar 177 meter. Kapal itu sendiri sejatinya sudah dijual pada perusahaan besar Singapura dan terakhir tercatat berada di Taiwan pada tahun 2009. Mengenai info setelah itu masih belum ditemukan titik terangnya.

Bukan pertama kali julukan ‘kapal hantu’ ada di Indonesia

Ternyata kejadian di Myanmar ini bukan kali pertama adanya kapal hantu di Indonesia. Sebelumnya ada sebuah kapal bernama Ourang Medan yang juga dinobatkan sebagai kapal hantu pertama dari nusantara. Tepatnya pada tahun 1947, beberapa kapal milik Amerika di selat Malaka mendapatkan pesan tak terduga dari kapal SS Ourang Medan milik Belanda.

Ilustrasi SS Ouragan Medan [sumber gambar]

Pesannya agak bikin begidik lantaran berisi keadaan kapal yang gawat, para penumpang yang tewas dan hal yang ngeri lainnya. Alhasil kapal milik Amerika ini pun datang untuk memberikan bantuan, namun sayang saat sampai ke tempat tujuan semua telah terlambat. Banyak orang dan kru kapal diketahui tak bernyawa lagi.

Penumpang tewas tanpa penyebab yang jelas, julukan kapal hantu disematkan

Hal lain yang bikin janggal akan kematian para penumpang kapal ini adalah keadaan jasad-jasadnya. Bagaimana tidak, pasalnya tak diketahui alasan yang jelas mengapa mereka bisa sampai meregang nyawa. Jangankan luka, hampir tak ada goresan sama sekali dari jasadnya.

Banyak yang tewas tanpa sebab [sumber gambar]

Belum lagi, dikatakan kalau jasad-jasad tersebut seolah mengumpul pada satu tempat. Dan anehnya lagi, ketika kapal Amerika mencoba untuk membawa kapalnya, siapa sangka SS Ourang Medan tiba-tiba meledak dan tenggalam. Akhirnya sampai saat ini banyak perdebatan mengenai kejadian ini, mulai dari yang menganggapnya hoax hingga kejadian di luar nalar.

Siapa sangka ternyata di Indonesia juga memiliki cerita tersendiri mengenai kapal hantu. Ada yang bisa dijelaskan dengan logika namun ada pula yang sampai jadi misteri. Mau percaya atau tidak dengan kisah tersebut tentu jadi pilihan masing-masing, namun yang jelas hal ini jadi keunikan tersendiri.

Artikel Asli

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed