Bebaskan Sakit Kepala Akibat Stres Selama Berlibur

MotifViral
Berita Kocak Unik dan Menggelitik

sumber :http://www.conectique.com/tips_solution/health/tips/article.php?article_id=7642


Liburan dan travelling adalah aktivitas yang paling menyenangkan. Namun sayangnya semua kesenangan ini terkadang bisa menimbulkan serangan sakit kepala. Biasanya serangan ini muncul karena secara tidak sadar Anda merasa terbebani memikirkan liburan tersebut, entah berpikir mengenai waktu dan lokasi yang tepat untuk berlibur, anggaran yang dikeluarkan, perlengkapan apa yang harus dibawa atau sebagainya. Meskipun Anda telah merencanakan perjalanan ini dengan matang, namun tetap saja nyeri kepala atau migran dapat menyerang sewaktu-waktu akibat stres.


Saran yang diberikan National Headache Foundation berikut ini, mungkin dapat membantu Anda dalam mengurangi rasa sakit kepala selama Anda melakukan perjalanan jauh dari rumah.


  1. Susun rencana perjalanan Anda. Meluangkan waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan perjalanan Anda dapat mengurangi tingkat stres. Susun rencana dengan memperhatikan dari segala segi, sehingga nantinya Anda tidak stres karena memikirkan apa yang harus dilakukan dan kemana Anda akan pergi berlibur.
  1. Buat daftar. Saat mempersiapkan rencana liburan, buatlah daftar mengenai pekerjaan ataupun hal lainnya yang harus diselesaikan sebelum keberangkatan Anda untuk berlibur. Setelah itu, jangan lupa pula untuk menyusun daftar barang-barang yang perlu Anda bawa untuk liburan nanti.
  1. Istirahat yang cukup. Salah satu kunci utama untuk menghindari rasa sakit kepala yang disebabkan stres atau tekanan berlebih adalah dengan banyak beristirahat. Aturlah pola tidur Anda dengan normal yakni sekitar 8 jam sehari, sebelum maupun ketika Anda sedang berlibur.
  1. Makan teratur. Cobalah untuk mengatur pola makan Anda dengan benar dan normal. Biasakan untuk makan tepat pada waktunya dan jangan biarkan perut Anda kosong. Jika memungkinkan, bawalah makanan atau camilan saat Anda melakukan perjalanan. Sebaiknya hindari mengkonsumsi jenis makanan seperti keju, coklat dan daging olahan, karena jenis makanan tersebut dapat memicu timbulnya nyeri pada kepala Anda.
  1. Curi waktu untuk diri sendiri. Jika tiba-tiba, saat sedang menikmati suasana liburan, gejala stres muncul, cobalah untuk beristirahat sejenak. Pergilah berjalan-jalan seorang diri atau mungkin berbelanja untuk menghindari kepenatan dan ketegangan. Terkadang liburan itu sendiri juga dapat memicu stres dan menyebabkan Anda merasakan sakit kepala yang hebat. Nah, jika hal ini terjadi jangan ragu mencuri dan meluangkan waktu untuk diri Anda sendiri.
  1. Hindari minuman yang mengandung alkohol. Selama liburan sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman beralkohol. Seperti yang sudah diketahui, minuman seperti anggur merah dapat membuat kepala Anda terasa berat dan nyeri.

Tips :

*Usahakan agar postur tubuh dalam posisi yang tepat selama perjalanan. Ini akan mengurangi tingkat ketegangan pada otot, sendi, dan tulang Anda. Serta juga dapat mengurangi tingkat stres pada tubuh.

*Hindari berdiri dan duduk dalam jangka waktu lama, karena ini dapat menyebabkan tekanan pada otot sehingga memicu sakit kepala.

REER

News Feed