Bangga Pakai Produk Dalam Negeri

(Foto: twitter.com/kemendag)

Motifviral.com – Kementerian Perdagangan beserta Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dan PT. Sarinah (Persero) bekerja sama mengadakan kegiatan jalan sehat di halaman Gedung Sarinah, Jakarta, Minggu (16/12/18).

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukito menegaskan bahwa kita harus bangga menggunakan produk dalam negeri karena produk Indonesia semakin keren dan penggunaannya memberi andil bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Produk Indonesia sudah semakin keren sehingga kita harus bangga memakainya. Tingkat konsumsi produk dalam negeri yang besar memberikan keuntungan bagi produsen-produsen nasional melalui penyerapan produk-produk yang dihasilkannya sehingga dapat menjamin pendapatan pekerja-pekerja lokal, serta membuka lapangan perkerjaan yang lebih luas,” jelas Enggar seperti yang dilansir dari kemendag.go.id.

Menurut Enggar, populasi penduduk Indonesia yang besar merupakan potensi sekaligus tantangan bagi perekonomian bangsa, karena bukan hanya menunjukkan besarnya potensi konsumsi, tapi juga kebutuhan akan lapangan pekerjaan. Dengan demikian, menurut Enggar, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga akan terjamin jika konsumen lebih memilih menggunakan barang produksi dalam negeri.

Peluncuran Jingle dan Portal 

Pada kesempatan yang sama juga turut diluncurkan sebuah jingle berjudul Aku Cinta Produk Indonesia (ACI) dan portal produk Indonesia yang digunakan untuk mempromosikan produk-produk dalam negeri.

Peluncuran jingle ACI diharapkan membangkitkan semangat patriotisme bagi generasi muda milenial agar tidak ragu menggunakan produk Indonesia yang memang lebih keren dan oke,” ujar Enggar.

Sementara, portal produk Indonesia yang dapat diakses melalui www.portal-indonesia.id, diharapkan dapat menjadi sumber informasi bagi setiap pelaku usaha untuk dapat memasuki global value chain (GVC). Dengan tersedianya sumber informasi terkait produk, maka setiap pelaku usaha memiliki pilihan untuk memanfaatkan bahan baku/bahan penolong untuk membuat suatu produk yang mempunyai nilai tambah.

“Portal ini diharapkan dapat menekan biaya promosi atas produk-produk yang baru diluncurkan pelaku usaha. Dengan portal ini, jangkauan promosi juga tidak terbatas di seantero Indonesia, tetapi juga menjangkau secara global sepanjang tersedia jaringan internet,” imbuh Enggar.

Artikel Asli

News Feed