Bagaimana Prosedur Keamanan Pertandingan Sepak Bola di Eropa?

Prosedur keamanan di Inggris memiliki sejumlah basis kategori, antara lain kategori A untuk yang minim risiko kerusuhan, B, C, dan C+ yang paling tinggi berpotensi bentrokan.

Untuk kategori A, SAG tidak membutuhkan banyak personel kepolisian. Bahkan, polisi tidak diperlukan untuk memasuki stadion demi mengamankan pertandingan kategori A.

Akan tetapi, prosedur keamanan akan berbeda jika sebuah pertandingan masuk kategori yang tinggi risiko, misalnya C+. Di Inggris, jenis-jenis laga yang masuk kategori C+, antara lain Manchester United vs Manchester City, Liverpool vs Manchester United, hingga Arsenal vs Tottenham Hotspur.

Di Inggris, ada pola acuan yang mengatur prosedur kategori keamanan pertandingan. Nilai-nilai itu akan dipengaruhi oleh jumlah penonton yang akan datang ke stadion, animo, hingga sejarah kedua kesebelasan.

Akan tetapi, SAG terkadang tidak membutuhkan kehadiran polisi dalam beberapa pertandingan tertentu, misalnya ketika sejumlah pendukung diprediksi hanya akan datang ratusan atau ribuan. SAG hanya perlu memiliki steward untuk jenis pertandingan seperti ini.

 

 

Artikel Asli

News Feed