Bacaan Ijab Qobul Bahasa Arab, WAJIB BACA


ijab qobul via konsultasisyariah.com

Proses ijab kabul adalah hal paling utama dalam pernikahan. Di indonesia ada yang melakukan ijab qobul dalam bahasa arab dan ada juga yang menggunakan bahasa indonesianya. Untuk anda yang ingin melafalkannya dalam bahasa arab, maka anda berada di artikel yang tepat. Kami akan sajikan lengkap dengan teks latin dan terjemahannya.

Dalam agama islam, menikah adalah suatu hal yang sakra dan merupakan sunnah Rasulullah SAW. Menikah berpahala dan sangat dianjurkan oleh Nabi SAW. Islam sendiri mengatur proses dan tata caranya. Ada banyak rangkaian kegiatan yang mesti dilakukan dan dipenuhi agar pernikahan kita sah secara syariat agama dan istri atau suami kita menjadi halal untuk kita. Dan seperti yang tersebut diatas salah satu yang paling penting dan hukumnya wajib adalah proses ijab Kabul.

Ijab qabul sendiri adalah proses dimana wali yang ditunjuk mewakili mempelai wanita menikahkan atau melafadzkan bacaan ijab kepada calon mempelai pria. Selanjutnya mempelai pria menjawabnya dan ini disebut dengan bacaan qobul. Semuaitu dilakukan dengan adanya saksi. kira kira begitulah garis besar proses ijab kabul.

Hukum ijab qobul bahasa arab ?

Para fuqaha berpendapat bahwa ijab kabul dengan menggunakan selain bahasa dianggap sah. Menurut Imam Syafi’i dan Ibnu Qudama, seperti termaktub dalam kitab al-mughnî bahwa bagi yang menguasai lafal ijab kabul dengan bahasa Arab, maka dia harus menggunakan ijab kabul dengan bahasa Arab. Jika tidak, maka nikahnya diangap tidak sah.

Sementara itu, Abu Hanifah membolehkan akad nikah dengan selain bahasa Arab,  walaupun mempelai mahir berbahasa Arab. Hal ini karena ungkapan ijab kabul adalah ungkapan khusus yang hanya diucapkan ketika pernikahan saja.[1]

Menurut Abdul Karim Zaidan, bahwa ijab Kabul dapat diucapkan dengan bahasa apapun. Islam adalah agama yang mudah sehingga diharapkan tidak mempersulit sesuatu yang sudah dimudahkan oleh Islam. Ijab dan kabul sesungguhnya dimaksudkan agar kedua mempelai, ketika menikah saling memahami dan saling merestui, dan bukan karena unsur keterpaksaan. Ungkapan ijab kabul sesungguhnya adalah bukti dari kerelaan kedua mempelai tersebut.

Jadi itulah hukum ijab qobul bahasa arab serta bahasa lainnya.

Setelah mengerti hukum jabqobul bahasa arab yuk mengetahui ijab qobul bahasa arab yang benar itu seperti apa.

Ijab qobul bahasa arab yang benar

Berikut ini akan kami bahasa arti dari ijab qobul bahasa arab seperti apa.
Adapun lafadz, lafal akad nikah bahasa arab untuk ijab adalah sebagai berikut:

ijab qobul bahasa arab via bicarawanita.xyz

Ankahtuka wa Zawwajtuka Makhtubataka Binti …. alal Mahri ….

Artinya:
“Aku nikahkan engkau, dan aku kawinkan engkau dengan pinanganmu puteriku ….. dengan mahar …..”

Pernyataan di atas harus segera dijawab oleh calon mempelai pria, tidak boleh ada jeda waktu yang signifikan atau menyelinginya dengan sesuatu, baik dengan membicarakan hal-hal lain, ataupun meninggalkan majelis tempat berlangsunnya akad nikah tersebut. (sehingga bisa disela dengan pengucapan kabul oleh pihak selain calon mempelai pria), yaitu:


lafadz ijab qobul bahasa arab via bicarawanita.xyz

Qobiltu Nikahaha wa Tazwijaha alal Mahril Madzkuur wa Radhiitu bihi. Wallahu Waliyut Taufiq.

Artinya:
“Aku terima pernikahan dan perkawinannya dengan mahar yang telah disebutkan. Dan semoga Allah selalu memberikan anugerah”

Menghafal bacaan kabul (qobul) bagi calon mempelai pria memang sangat penting. Jadi, adalah sebuah langkah yang bijak bagi seorang pria yang sudah ingin menikah untuk menghafalkan lafdz, lafal bacaan akad nikah di atas. Hal ini agar prosesi akad nikah dapat berjalan dengan lancar.

Prosesi ijab qobul bahasa arab

Berikut ini cara mengucapkan ijab qobul dalam bahasa arab dalam video agar lebih mudah di mengerti.

Doa setelah ijab qobul bahasa arab

ketika seorang muslim selesai dari akad nikahnya hendaklah ia melakukan hal-hal berikut :

Pertama, memegang ubun-ubun istrinya seraya menyebut nama Allah yakni mengucapkan bismillaah
Kedua, memohon kepada Allah agar dikaruniai keberkahan akan rumah tangga yang dibangun dan dijalaninya itu. Misalnya dengan kalimat :

اللهم بارك لي في أهلي وبارك لأهلي في

Allaahumma baarik lii fii ahlii wa baarik li-ahlii fiyya

Artinya “Ya Allah berkahilah istriku untukku dan berkahilah aku untuk istriku”

Atau doa-doa keberkahan lainnya.

Ketiga, mendoakan istrinya dengan doa yang diajarkan Rasulullah ~shallallohu ‘alaihi wa sallam~ berikut :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَمِنْ شَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allaahumma innii as-aluka khayraha wa khayra maa jabaltahaa ‘alaihi wa a’uudzu bika min syarrihaa wa min syarri maa jabaltahaa ‘alaihi

Artinya “Ya Allah sesungguhnya aku memohon kebaikannya dan kebaikan apa yang Engkau ciptakan pada dirinya. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan apa yang Engkau ciptakan pada dirinya”.

Demikian artikel mengenai lafadz bacaan akad nikah bahasa Arab dan artinya. Semoga memudahkan anda dalam mempersiapkan pernikahan anda. Salam.

Artikel Asli

News Feed