Ada Cacing Pita pada Seafood Mentah !

MotifViral
Berita Kocak Unik dan Menggelitik

sumber :http://www.hidayatullah.com/index.php/berita/iptek/9676-2009-06-21-15-05-49

Anda penggemar makanan ikan mentah? Berhati-hatilah, penelitian menunjukkan bahwa jumlah serangan caci pita dari ikan salmon meningkat


Hidayatullah.com–Suatu hari di Agustus 2006, Anthony Franz menyambangi sebuah rumah sakit di Chicago, Amerika Serikat dengan membawa sebuah cacing sepanjang 270 sentimeter. Cacing itu bukan ditemukan di pekarangan kediaman Franz, melainkan berasal dari otaknya!

Ya, Franz hanyalah salah satu dari sekian penderita cacing pita, di mana jumlahnya terus bertambah. Meski kasus tersebut terbilang langka, sebuah penelitian menunjukkan bahwa jumlah serangan caci pita yang berasal dari salmon meningkat tiga kali lipat dari rata-rata 0,32 kasus per 10.000 orang di Kyoto, Jepang, menjadi setidaknya 1 kasus per 10.000 orang pada tahun 2008.

Dan, dengan semakin populernya masakan sushi€__dan jenis makanan ikan lain yang tidak dimasak dengan matang€__di penjuru dunia, penyakit cacing pita pun juga menohok hingga ke pelbagai negara termasuk Prancis, Swis, dan Amerika Serikat.

Apa yang dirasakan penderita cacing pita? €__Rasa tidak nyaman, kesakitan, dan anemia,€_ terang Dr. Felipe C. Cabello, profesor Mikrobiologi dan Imunologi, New York Medical College, sebagaimana diberitakan ABC.

€__Jenis cacing pita yang berbahaya adalah anisakis, yang dapat menyerang bagian perut dan perlu penanganan masif,€_ jelas Cabello seraya menambahkan bahwa cacing pita yang umumnya berasal dari ikan, perlahan-lahan dapat menggerus energi penderita.

Cacing pita dapat bertumbuh hingga sepanjang 7,5 meter dalam jangka sekian tahun.

Pada 2008, seorang wisatawan asal Ceko, mendadak sakit usai menyantap hidangan salmon mentah di Kanada. Saat pria malang itu kembali ke rumah, ia mengetahui bahwa terdapat cacing pita dalam tubuhnya.

Sementara di Brasil, cacing pita juga ditemukan dalam salmon sushi.

Ihwal kasus Franz, jenis cacing pita yang sempat bersemayan di otaknya adalah Diphyllobothrium latum. Tanpa tedeng aling-aling, Franz pun menuntut ganti rugi sebesar 100 ribu dolar AS kepada Shaw€__s Crab House di Chicago€__tempat ia menyantap hidangan yang disinyalir mengandung cacing pita itu€__yang merupakan bagian dari jaringan perusahaan Lettuce Entertain You Enterprises of Chicago.

€__Pada dasarnya kami telah menemukan bahwa beberapa jenis cacing pita disebabkan oleh pengolahan seafood yang kurang matang, khususnya salmon,€_ tutur pengacara Franz, Gergory Leiter.

Namun, president CEO Kevin Brown menampik tuntutan itu: €__Dari hasil penyelidikan, kami yakin bahwa Franz tidak mendapatkan cacing pita itu dari restoran kami,€_ tegasnya. €__Kami selalu mengutamakan hidangan yang aman dan layak untuk disantap,€_ ia meyakinkan.

Kasus Franz sendiri membuktikan bahwa tidak sulit menemukan ikan yang mengandung cacing pita di negeri Paman Sam. €__Sewaktu saya bekerja di restoran, saya lebih sering menemukan ikan yang mengandung cacing pita di tempat kerja dibanding di supermarket,€_ aku Helen Rennie, praktisi boga dan pemilik sekolah memasak di Boston.

Beberapa jenis ikan yang ditemukan Rennie kerap mengandung cacing pita yakni berbagai varian tuna, varian salmon, trout, dan dan cod.

Ikan-ikan yang dijual di supermarket umumnya sudah terlebih dulu dibersihkan dari cacing pita. €__Mereka meletakkan irisan daging pada sebuah kaca dan meneranginya dengan sinar yang sangat kuat, kemudian menyingkirkan setiap cacing dengan jepitan,€_ jelas Rennie.

Meski demikian, Anda jangan merasa cemas dulu lantaran jenis parasit ini mudah disingkirkan jika ikan dimasak dengan benar. Jika Anda tetap bersikukuh menyantap hidangan mentah, Rennie menyarankan agar Anda bertandang ke restoran yang mempekerjakan orang yang ahli dalam menyajikan hidangan mentah yang higienis.

€__Jadi jangan coba-coba menyajikan sendiri hidangan mentah di rumah,€_ pungkas Rennie. [gl/abcn/www.hidayatullah.com]

Foto: AbcNews

Keterangan: Ikan Salmon dan cacing pita (insert)

News Feed