8 Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengobati Diabetes, WAJIB BACA

Image Source: idntimes.com

Binahong merupakan salah satu tanaman obat yang dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi. Daun binahong ini mempunyai banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan hingga berat. Bagi masyarakat Indonesia daun binahong mungkin jarang diketahui, padahal tanaman ini dapat dijumpai di pekarangan rumah dan lain-lain.

Daun binahong ini ternyata berasal dari Korea yang diberi nama gendola (Basella rubra Linn). Tanaman binahong ini dapat tumbuh ditempat-tempat yang dingin dan lembap. Selain mudah untuk didapatkan, daun ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lalu, apa saja manfaat dari daun binahong tersebut?

Manfaat daun binahong

1. Dapat mengatasi asam urat

Apa manfaat daun binahong? Asam urat adalah penyakit yang sering terjadi pada persendian tubuh. Bagi penderita asam urat biasanya sering merasakan kesakitan dan nyeri pada bagian sendi tertentu. Sehingga membuat Anda tidak nyaman dalam beraktivitas.

Daun binahong mempunyai manfaat untuk mengatasi asam urat pada sendi tubuh. Kandungan zat pada daun binahong dapat menetralisir asam urat yang tinggi pada bagian persendian. Caranya rebus daun binahong kemudian ambil air rebusan tersebut kemudian minum setiap hari untuk menyembuhkan masalah persendian ini.

2. Mengobati sakit maag

Manfaat daun binahong salah satunya dapat mengobati sakit maag. Sakit maag terjadi karena lambung memproduksi asam pada lambung yang berlebih. Mengonsumsi daun binahong dipercaya dapat menetralkan asam lambung sehingga menjadi normal kembali. Manfaat binahong juga efektif menangkal radikal bebas pada tubuh Anda karena kandungan antioksidannya. Dengan kandungan antioksidan tersebut, akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit yang berbahaya.

3. Mengatasi masalah pada kulit

Apa manfaat daun binahong untuk wajah? Manfaat daun binahong ternyata juga baik untuk kesehatan kulit wajah salah satunya mengatasi jerawat. Kandungan zat yang terdapat pada daun binahong dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain menghilangkan jerawat daun binahong juga dapat menghilangkan flek hitam dan komedo. Caranya:

  • Ambil daun binahong secukupnya.
  • Kemudian haluskan daun binahong.
  • Oleskan pada wajah Anda yang timbul jerawat atau komedo.
  • Lakukan secara teratur agar jerawat tidak timbul lagi.

4. Mencegah diabetes

Apa manfaat daun binahong buat kesehatan? Manfaat daun binahong selanjutnya adalah mencegah penyakit diabetes. Karena daun binahong memiliki senyawa alkaloid yang bersifat hipoglikemik. Sehingga daun binahong mempunyai manfaat dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara maksimal. Selain menurunkan kandungan alkaloid, gula darah akan tetap stabil pada penderita diabetes mellitus.

5. Mengatasi sesak nafas

Daun binahong juga memiliki manfaat dapat mengatasi sesak nafas. Dalam penelitian yang sudah dilakukan daun binahong dipercaya dapat menghilangkan lendir di paru-paru yang menyebabkan sesak napas. Selain mampu menghilangkan lendir penyebab sesak nafas, kandungan antibakteri pada daun binahong juga efektif membunuh bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan akut.

6. Mengatasi masalah saat haid

Apa manfaat daun binahong bagi kesehatan? Manfaat daun binahong juga dapat mengatasi masalah haid pada wanita. Bagi wanita yang mengalami masalah menstruasi seperti terlambat haid, nyeri, atau keputihan, mengonsumsi air rebusan daun binahong secara teratur dapat mengatasi masalah menstruasi tersebut. Karena kandungan zat besi dan mineral dalam daunbinahong efektif dalam melancarkan haid.

7. Meningkatkan nafsu makan anak

Sulit makan pada anak akan membuat bingung pada setiap orang tua. Sulit makan disebabkan beberapa faktor, misalnya sariawan, makanan tidak cocok, atau mengalami masalah sistem pencernaan. Salah satu cara yang bisa di gunakan adalah dengan memberikan rebusan air daun binahong. Manfaat daun binahong dapat mengatasi anak yang mengalami kesulitan makan. Tetapi ramuan ini hanya digunakan untuk anak yang usianya 7 tahun ke atas. Jangan memberikan ramuan daun binahong ini pada balita karena belum ada penelitian lebih lanjut.

8. Mengobati luka

Apa manfaat daun binahong untuk kesehatan? Daun binahong memiliki antiseptik dan anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan luka terutama memar atau bengkak. Caranya tumbuk daun binahong secukupnya, kemudian tempelkan pada luka tersebut. Tetapi sebelum menempelkan daun binahong tersebut bersihkan dahulu luka tersebut untuk menghindari infeksi.

Demikian apa saja manfaat dari daun binahong yang dapat kita ketahui. Semoga bermanfaat.

Artikel Asli

News Feed